400 Guru Ikuti Workshop Penulisan Soal HOTS

BRNews.id - Peningkatan mutu guru mutlak diperlukan demi pelayanan mutu pendidikan yang lebih baik. Salah satu hal mendasar yang menjadi tuntutan bagi seorang guru adalah kemampuannya dalam membuat soal. Soal merupakan salah satu alat yang dibutuhkan dalam sebuah evaluasi satelah proses pembelajaran terjadi. Soal digunakan sebagai alat untuk melakukan penilaian dan pengukuran.


Bertempat di kompleks Pondok Pesantren Al Quran KH. Abdullah Syafi'ie As-Syafi'iyah (Pulo Air) Sukabumi pada Sabtu (06/10), sejumlah guru di lingkup Kemenag Kota Sukabumi mengikuti workshop bertajuk penulisan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) selama empat hari, dengan tiga hari penugasan secara terbimbing.

Kegiatan yang diikuti oleh 400 peserta dari Kota dan Kabupaten Sukabumi serta Kabupaten Cianjur ini, dibuka secara langsung oleh Sekretaris Disdik Kabupaten Sukabumi, serta dihadiri oleh sesepuh Pondok Pesantren Al Quran K.H. Abdul Rasyid AS.

Kegiatan tersebut menghadirkan dua narasumber yaitu Dr. H. Dadang Rahman Munandar, M.Pd., selaku Kabid Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Provinsi Jawa Barat serta Agus Hermawan, S.Pd., M.M.Pd., dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dan selaku tim pengembang kurikulum direktorat PSMA Kemendikbud.


Turut serta dalam kegiatan tersebut JFU Pengembang Kurikulum Kemenag Kota Sukabumi, Ika Kulsumiati, S.Pd.I. Ika berharap seluruh peserta, utamanya guru dari Kemenag Kota Sukabumi dapat mengaktualisasikan hasil workshop tersebut sehingga mampu menyusun soal yang baik dan benar.

"Semoga kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan para guru, sehingga dapat mengaktualisasikan kemampuannya dalam pembuatan soal di madrasah," harap Ika saat ditemui di ruang kerjanya, Jl. Taman Bahagia No.32.

Sementara itu Ahmad Najiulloh salah seorang guru peserta workshop dari MTs. YLPI Kemenag Kota Sukabumi, sangat mengapresisasi dan bersukur dapat mengikuti kegiatan tersebut. "Alhamdulillah, dapat wawasan dan ilmu baru ya...semoga manfaat untuk kami di madrasah," terang Ahmad. (kemenag jabar).

Subscribe to receive free email updates: