Sultan Alta, Siswa MAN 2 Sleman Raih Juara Lomba Matematika di Hongkong

BRNews - Hongkong sebuah negara yang terletak di Asia Timur  yang masih dikendalikan oleh Tiongkok (Cina) seperti halnya Taiwan dan Macau, merupakan tempat yang tidak akan pernah dilupakan oleh Sultan Alta Alvaro Valensia, siswa kelas X MIPA 1 ,MAN 2 Sleman.


Pada Ahad malam (2/9), setelah mengikuti babak final lomba matematika di Hongkong, Alta ditetapkan sebagai juara ke 2  dan mendapatkan medali perak. Medali emas diperoleh dari SMA Prime One School, Medan, Sumatera Utara.


Alta ternyata telah menorehkan sebuah prestasi yang membanggakan dan menggembirakan kita semua. Kepala Madrasah, Ali, Asmu’i, S.Ag, M.Pd, mengucapkan syukur Alhamdulillah,  Alta mendapatkan kejuaraan pada lomba matematika di Hongkong.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada semuanya yang telah memberikan bantuan baik secara materiil maupun  spirituil sehingga bisa mengantarkan siswa kita pada ajang kompetisi internasional, dan tentu khususnya kepada pembimbing yang telah tekun dan sabar dalam pembinaan serta tim matematika madrasah,” tutur  Ali Asmu’i, begitu mengetahui Alta mendapatkan juara.

HKIMO (Hongkong International Mathematical Olympiad) atau Olimpiade Matematika tingkat Internasional di Hong Kong adalah nama ajang lomba yang diikuti Alta. Peserta lomba dimulai dari tingkat TK hingga Sekolah Menengah Atas.

Untuk tingkat Sekolah Menengah Atas yang mengikuti final diantaranya dari  SMA Taruna Bangsa, SMA Kharisma Bangsa, SMAN 1 Pamekasan,  SMAN 1 Sidayu Gresik, Dyatmika High School Bali, SMA N 1 Semarang, MA Salbilillah Pati,SMA Prime One School, dan lain-lain .

Alta adalah salah satu dari  5 siswa asuh MAN 2 Sleman. Alta lahir di Jombang, 15 tahun yang lalu , mempunyai cita-cita menjadi dosen.

”Matematika adalah pelajaran yang menyenangkan. Latihan mengerjakan matematika dengan tekun akan menambah keyakinan untuk bisa mengerjakan soal dengan mudah.sehingga bisa menang dalam perlombaan. Namun kemenangan adalah karena kehendak Allah Swt,“ demikian komentar Alta ketika ditanya tentang resep belajar matematika.

Kakanwil Kemenag DIY,Drs. H. Lutfi Hamid  M.Ag, berharap agar Alta tetap saleh terwujud dengan komentar Alta ‘kemenangan yang dia peroleh adalah kehendak Allah Swt’.


Harapan Kakankemenag Kabupaten Sleman, Drs. H. Sya’bani Nuroni, M.A. kepada Alta  untuk  mengharumkan MAN 2 Sleman dan Kemenag pada umumnya  juga terwujud yaitu memperoleh kemenangan sebagaai runner up atau juara ke 2 dan memperoleh medali perak .

Arif Susanto, S.Pd  ,guru matematika dan pelatih pada Mathematics Club mengatakan “Sepulang dari Hongkong, Alta harus segera mengikuti babak semi final lomba matematika di Competition Mathematics 2018 UIN Walisongo, Semarang dan babak semi final di FKIP FMIPA UNS. Selain Alta, M. Ulin Nuha dan M.Syamsul Arifin Bakri  juga  lolos di babak penyisihan.” demikian mas Arif menambahkan. (kemenag yogyakarta/fit).

Subscribe to receive free email updates: