Siswi MAN 3 Tasikmalaya Ikuti Internasional Youth Leaders di Malaysia

BRNews-Internasional Youth Leaders terus menciptakan program dan kegiatan innovatif untuk pemuda. Diantaranya, tahun ini ada program pertukaran Malaysia-Singapura-Indonesia dalam agen pendidikan.


“Internasional Youth Leaders merupakan sebuah program yang bertujuan memfasilitasi pembentukan karakter pemuda Indonesia melalui berbagai kegiatan. Diantaranya pertukaran pemuda dan pendidikan kepemimpinan bagi pemuda Indonesia,” kata H. Hasan Sanusi, M.Pd Kepala MAN 3 Tasikmalaya saat dijumpai seusai Do’a bersama dan Prosesi Pelepasan Delegasi Latihan Kepemimpinan ke-Kuala Lumpur Malaysia di Tasikmalaya. Jum’at (14/09/18).

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membangun karakter kepemimpinan yang kuat dan tentunya memperkenalkan keragaman budaya Indonesia ke Luar Negeri.

“Selain membangun karakter kepemimpinan dan mengenalkan budaya bangsa Indonesia, kegiatan ini diharapkan menciptakan cara berfikir inovasi dalam pemecahan masalah,” tuturnya.

Menyinggung tentang penyeleksian peserta, Hasan menjelaskan bahwa siswanya mendaftarkan diri secara online pada 15 Juli 2018. 

"Mengikuti test wawancara dan diumumkan pada tanggal 18 Agustus lalu. Dari hasil seleksi yang terpilih adalah pemuda terbaik yang kemudian akan menjadi delegasi Indonesia untuk melakukan study diluar negeri selama 3 hari,” jelasnya.


Sementara itu, kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya menyambut baik atas terpilihnya siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 Tasikmalaya menjadi delegasi indonesia dalam kegiatan studi kepemimpinan tersebut.

“Kami menyambut baik dan rasa bahagia atas terpilihnya siswa Madrsah  menjadi bagian peserta delegasi dari Indonesia. Saya berharap ini dijadikan motivasi bagi Madrasah lain di Kabupaten Tasikmalaya. Kedepan kita dorong siswa-siswi yang berpotensi untuk difasilitasi sehingga jargon Madrasah Hebat Bermartabat bukan hanya sebatas selogan saja,” kata H. Harun Harosid, M.Pd Kepala Seksi Pendidikan Madrasah saat dihubungi Inmas Tasikmalaya lewat telepon.

Adapun Siswi yang lulus menjadi delegasi Internasional Youth Leader Tahun 2018 dari MAN 3 Tasikmalaya diantaranya Diniy Yulianti (Tsm,31/07/2000) kelas XII MIA 3 dan Eneng Sri Rahayu (Tsm,24/05/2001) dari kelas XII IIK. (kemenag jabar).

Subscribe to receive free email updates: