Pojaluh Sukabumi Gelar Jambore Kerukunan

BRNews.id - Layaknya jambore ala Pramuka, kemah di tengah-tengah lapang dengan diselimuti udara dingin adalah bagian dari kegiatan Jambore Kerukunan Pokjaluh Kemenag Kab. Sukabumi.


Ditengah api unggun yang menyala kegiatan yang berlangsung di Bumi Perkemahan Cilumpang Kadudampit pada Jumat malam (28/09) merupakan bentuk kegiatan yang dimaknai sebagai jembatan untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi antar sesama penyuluh agama.

Hal ini seperti terlihat dalam berbagai jenis aksi yang ditampilkan oleh peserta jambore yang dilakukan secara berkelompok. Aneka aksi yang diperagakan kelompok meliputi aksi seni dan berbagai kreativitas lainnya.

"Kegiatan kemah malam kerukunan sengaja dikemas dalam bentuk aksi kelompok merupakan simbol aktivitas kolektif perlambang kerjasama dan kerukunan," ujar Jijib Basuni ketua Panpel Jambore Kerukunan.

"Aksi-aksi kelompok ini mudah-mudahan dapat tercermin dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi penyuluh dalam memberikan layanan agama kepada masyarakat," tutur Jijib.

Panitia Jambore Kerukunan, Jijib Basuni juga mengatakan acara yang digawangi Pokjaluh Kementerian Agama Kab. Sukabumi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kerukunan dan persaudaraan intern umat beragama, khususnya di kalangan penyuluh agama PNS dan Non PNS.

Sementara itu, Ketua Pokjaluh H. Apipudin menyatakan penyuluh sangat strategis memberikan pengaruh budaya yang positif, sehingga dengan jambore ini bisa menciptkan iklim yang kondusif dengan menyamakan persepsi dan pandangan para pemberi layanan agama.

Ia menambahkan, sasaran lain yang ingin dicapai adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.”Dengan bertemu seperti ini, dalam satu tenda kemah diharapkan tidak ada perbedaan pandangan yang esensi antara yang satu dengan yang lainnya,” tambahnya.

Ia mengharapkan setelah mereka pulang ke wilayahnya nantinya, pengalaman dan pengetahuan yang mereka dapatkan selama mengikuti Jambore selama 2 hari tersebut bisa ditularkan di lingkungan mereka masing-masing. (kemenag jabar). 

Subscribe to receive free email updates: