NU Harus Jadi Inspirasi Umat dan Bangsa

BRNews-Nahdlatul Ulama merupakan payung bangsa dan memiliki akar sejarah, ruh ideologi dan tradisi yang kuat. Karenanya, keberadaan jamiyah atau organisasi ini harus menjadi teladan dan sumber inspirasi umat dan bangsa.

Penegasan ini disampaikan KH Agoes Ali Masyhuri usai mengikuti rapat gabungan persiapan pelantikan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, Sabtu (15/9). Rapat diikuti sejumlah pengurus harian baik dari unsur syuriyah maupun tanfidziyah.

Kiai yang lebih akrab disapa Gus Ali ini menegaskan bahwa NU mempunyai tanggung jawab yang tidak ringan. “Karena NU memiliki akar sejarah, ruh ideologi dan tradisi yang kuat. Oleh karenanya, jamiyah ini harus menjadi teladan dan sumber inspirasi umat dan bangsa,” katanya kepada media ini. 

Pengasuh Pondok Pesantren Bumi Shalawat Sidoarjo tersebut mengingatkan para pengurus di berbagai tingkatan untuk mengelola potensi yang ada dengan baik. “Kita harus mempunyai kemampuan mengelola dan memberdayakan ekonomi organisasi dan warga NU,” ungkapnya.

Untuk menjawab berbagai kepercayaan tersebut, yang tidak kalah penting dilakukan adalah mewujudkan transparansi dan tata kelola organisasi yang baik. “Tanpa harus meninggalkan akar dan ciri khas NU,” tegasnya.

Akar dan nilai lebih dari pegiat NU adalah menghadirkan nuansa kebersamaan lahir batin. “Juga ketulusan dalam berkhidmat dalam organisasi warisan para ulama ini,” tandasnya.


Rencananya, pelantikan PWNU Jatim masa khidmat 2018-2023 akan dilangsungkan di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang, 18 September mendatang. 

Rais ‘Aam dan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama yakni KH Ma’ruf Amin dan KH Said Aqil Siroj dipastikan hadir dan memberikan arahan pada kegiatan yang juga dihadiri para Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) se-Jawa Timur tersebut. (nu online).

Subscribe to receive free email updates: