Jemaah Haji Sulawesi Barat: Semua Pelayanan Haji 2018 Bagus

BRNews-Keceriaan dan kegembiraan namapk di wajah para jemaah haji, saat rombongan  kloter 26 Debarkasi Makassar,  asal Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar),  menurui tangga bus Damri,  menuju  aula 3 Asrama Haji Sudiang Makassar.

Betapa tidak,  keceriaan  itu muncul,  karena diliputi oleh dua kegembiraan,  pertama, kegembiraan setelah menunaikan ibadah haji,  dan kedua,  kegembiraan karena sebentar lagi mereka akan bertemu dengan sanak saudara, famili,  dan keluarga masing-masing  di kampung halaman.

Kegembiraan usai menunaikan ibadah haji tak pelak juga dirasakan  H. Muslimin Hamu Siri,  yang tahun ini berangkat bersama istrinya. Selain ibadahnya yang dinilai mantap,  dan lengkap, pelayanan petugas haji juga sangat bagus,  dan memuskan. Jemaah haji asal Kabupaten Majene ini mengangkat jempol,  atas pelayanan petugas/panitia haji di tanah suci.

‘’Alhamdulillah semua rangkaian ibadah haji  kami lakukan dengan baik,’’ ungkap dia. Tidak ada keluh kesah di antara mereka, bagi mereka  menunaikan ibadah haji adalah perjalanan ritual yang sarat dengan nilai-nilai ibadah, tauhid dan kesucian.



Menurut dia, sebagai hamba Allah, dirinya tentu banyak bersyukur,  telah menunaikan ibadah haji, sebuah cita-cita yang telah diniatkan sejak puluhan tahun lalu.

"Tahun ini,  alhamdulillah, saya berangkat bersama istri,  dan berkat rahmat dan petunjuk dari Allah Swt, kondisi kami secara umum di kloter 26 baik-baik saja. Pelaksanaan haji tahun ini sangat berhasil di semua bidang pelayanan jemaah haji, semua bagus,’’ ucap Muslimin yang sehari-hari berprofesi sebagai pedagang  di pasar sentral Kabupaten Majene ini.


Khusus pelayanan petugas haji, kata dia,  semua bidang baik. Mulai di pesawat,  kita semua dilayani dengan baik, petugasnya ramah-ramah,  makan dua kali, dan tersedia juga minuman dan kue-kue untuk semua jemaah.

Di pesawat juga suasana terasa aman,  walaupun penerbangan dengan jumlah banyak yang mencapai 450 orang,  tapi  terasa aman. "Kami semua senang dan tidak ada rasa was-was," ucapnya lagi.

Demikian pula lanjut dia, saat tiba di Makkah, Madinah,  Arafah, Musdalifah, Mina,  dan tempat-tempat bersejarah lainnya,  semua pelayanan cukup  baik, menggembairakan dan berkesan.

Terkait pelayanan hotel,  dan bus,  urai Muslimin cukup. Soal makanan juga lumayan,   bahkan lebih dari yang diharapkan.

"Secara pribadi salut buat pelayanan jemaah haji tahun ini,  dan semoga pelaksanaan haji tahun-tahun depan,  akan lebih baik lagi,  amin," ucapnya. (kemenag sulsel/dir).

Subscribe to receive free email updates: