Ninda, Dalang Cilik Siswi MTs Negeri 8 GK Kejutkan Gunungkidul

Ninda Rohmi Astika Mukti sebagai dalang cilik tengah menanjak. Siswi MTs Negeri 8 Gunungkidul kelas 8 ini telah memperoleh berbagai kejuaraan di bidang pedalangan. Juara 1 Penyaji Catur Dalang Cilik Tingkat Kabupaten Gunungkidul baru saja dia peroleh.



Siswi  cilik nan cerdas yang akrab dipanggil Ninda itu menuturkan, “Saya senang, bangga dan merupakan kehormatan bagi saya bisa tampil di Pendopo Kecamatan Karangmojo”. Penampilan Ninda memang luar biasa, memukau seluruh pengunjung di Pendopo Kecamatan Karangmojo.

Penampilan Ninda yang luar biasa ini tidak lepas dari dukungan orang tua dan bimbingan dari guru ekstra sanggar pedalangan Ki Dalang Slamet.  Kesempatan yang diberikan kepada Ninda dari Panitia Peringatan HUT ke-37 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Kecamatan Karangmojo untuk unjuk kebolehan pada Hari Sabtu, 11 Agustus 2018 jam 19.30 wib sampai degan selesai. 

Lokasi pentas wayang yang disediakan oleh panitia berada di Pendopo Kecamatan Karangmojo.

Penonton dari berbagai penjuru kecamatan telah memenuhi halaman. Hadir pula para pejabat Muspika Kecamatan Karangmojo bahkan Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul juga hadir untuk menyaksikan langsung bagaimana penampilan dalang cilik yang suadah kondang tersebut. 

“Penampilan Ninda memang luar biasa, dia punya potensi untuk menjadi dalang yang hebat karena masih belajar di MTs tapi sudah bagus dan menguasai seni pedalangan” kata Drs. Wastana camat Karangmojo.
 

Lakon yang dipilih oleh Ninda  sesuai dengan tema peringatan HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia adalah Kikis Tunggorono. Cerita ini mengisahkan perebutan kekuasaan demi kemerdekaan sebuah negeri dari penguasa yang dholim yang akhirnya pihak yang  benar mendapatkan kemerdekaan dan kejayaan. 
 
Penampilan Ninda memperoleh sambutan yang meriah dan tepuk tangan dari seluruh penonton. Penampilan wayang diakhiri dengan tancep kayon.(kemenag diy). 

Subscribe to receive free email updates: