KUA Buay Madang Sumsel Terpilih Jadi Juara Harapan II Tingkat Nasional

BRNews - Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Buay Madang Kab. OKU Timur, Sumatera Selatan Sabtu Sabtu malam (11/8)  terpilih sebagai Juara Harapan II pada ajang bergengsi  Pemilihan dan Penganugrahan KUA Teladan Tingkat Nasional Tahun 2018.


Kegiatan pemilihan dan penganugerahan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 9 sampai 13 Agustus 2018 yang bertempat di Merlyn Park Hotel, Jl. KH. Hasyim Ashari No. 29-31 Jakarta Pusat.

KUA Buay Madang yang merupakan utusan Provinsi Sumatera Selatan  berhasil keluar sebagai Juara Harapan II setelah melalui proses dan tahapan-tahapan  yang cukup panjang serta mampu  bersaing dengan 32 KUA perwakilan Provinsi se-Indonesia.

Kasi Pemberdayaan KUA Kanwil Sumsel Drs, H. Ridhuan, M.Si  saat di hubungi via Whats App mengatakan  untuk KUA Teladan Nasional Tahun 2018 ini, pemenang peringkat pertama diraih oleh Provinsi Bali, untuk menempati posisi kedua di raih oleh utusan Provinsi Jawa Barat dan urutan ketiga di raih oleh utusan Provinsi Kepulauan Riau. 

Sementara itu untuk posisi KUA Teladan kategori Harapan I di raih oleh utusan Provinsi Sulawesi Barat, untuk Juara Harapan II diraih oleh utusan Provinsi Sumatera Selatan dan posisi Harapan ke III di raih oleh KUA utusan Provinsi Riau.

“Alhamdulillah utusan Kanwil Sumsel tahun ini, yakni KUA Buay Madang berhasil dan mampu menorehkan prestasi dan mengharumkan serta membawa nama baik Sumsel di ajang pemilihan KUA Teladan tingkat Nasional,“ ucapnya.

Ia juga mengatakan, pada acara pembukaan  pemilihan  KUA Teladan 2018 kemarin, dihadiri dan dibuka secara langsung oleh  Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin yang sekaligus melaunching Kartu Nikah dan Aplikasi SIMKAH berbasis Web.


Lebih lanjut, Ridhuan mengatakan ada beberapa komponen yang menjadi standarisasi pemilihan KUA Teladan tahun 2018 antara lain, Standar Pelayanan, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), dan Inovasi. Sedangkan Performa Kepala KUA untuk tahun 2018 ini ditiadakan, karena setiap orang yang mengajukan diri untuk menjadi Kepala KUA tentu harus diuji kompetensinya.

Ridhuan berharap, dengan berhasilnya KUA Buay Madang sebagai Juara Harapan II pada pemilihan  KUA Teladan tahun ini,  mampu menjadi motivasi kepada KUA yang lain untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat, pintanya.

Tidak hanya pemilihan KUA teladan saja akan tetapi lomba KTI (Karya Tulis Ilmiah),  MBK (Musabaqoh Bahsul Kutub) dan pemilihan Penyuluh Agama tingkat Nasionalpun ikut  dilombakan.

Sementara itu, Ka. KUA Buay Madang Drs. H. Tasdiq, M.Pd.I mengucapkan rasa haru dan bangga serta terimakasih kepada Kakanwil Kemenag Sumsel HM. AlFajri  Zabidi, S.Pd. MM, M.Pd.I atas bimbingan dan arahannya sehingga KUA Buay Madang berhasil terpilih sebagai Juara Harapan II tingkat Nasional. 

Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada Kakankemenag dan Kasi Bimas Islam Kemenag OKU Timur yang telah memberikan support dan bimbingannya sehingga mampu mengharumkan serta membawa nama baik Kementerian Agama di  kancah Nasional.


Acara penutupan juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam)  Prof. Dr. Muhammadiyah Amin, Sekretaris Dirjen Bimas Islam Dr. Tarmizi Tohir, Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Dr. H. Muhsen, M M, direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Drs. H. Juraidi, MA. Tampak juga hadir Sepuh Kasubdi Dr. H. Huhse, MM. sekaligus turut andil dalam pemberian berupa hadiah Piagam penghargaan dan tropi kepada para pemenang. (kemenag sumsel).

Subscribe to receive free email updates: