Kemenag Kota Bandung Gelar Evaluasi Pemberangkatan dan Pemulang Haji

BRNews - Kementerian Agama Kota Bandung gelar  Evaluasi Pemberangkatan dan Persiapan Pemulangan Jemaah Haji   di Aula Kementerian Agama Jln Soekarno Hatta No. 498 Bandung, Kamis (16/8).  


Hadir pada acara evaluasi Kasubbag TU Kementerian Agama, Mimin Sutisna, Kasubbag Bina Sosial Keagamaan, Latief,  Kepala Kasi Haji dan Umrah, Khatimul Manan, Pengurus KBIH Kota Bandung dan seluruh panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Haji Indonesia.

Kasubbag TU Kementerian Agama Kota Bandung Mimin Sutisna, mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh Panitia pengelola pemberangkatan dan pemulangan calon haji Jemaah Kota Bandung.

"Kedisipilnan para panitia dalam melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan amanah serta saling mengisi dengan kekompakan sehingga pemberangkatan calon Jemaah haji dapat dilaksanakan secara baik dan dimudahkan, diberikan kelancaran oleh Allah Swt, mulai kloter 05 hingga kloter terakhir yaitu kloter 96, Semoga semua usaha tenaga, jerih payah para panitia dalam membantu para calon haji Jemaah Kota Bandung dapat dinilai ibadah oleh Allah Swt," ungkap syukur Mimin Sutisna.

Mimin Sutisna juga menghimbau semua panitia dan masyarakat agar medoakan semua calon Jemaah haji Indonesia yang sedang menjalankan ibadah haji sebagai kewajiban melaksanakan Rukun Islam di tanah suci, agar calon haji Jemaah kota Bandung bisa melaksanakan dengan selamat, sehat, dan diberikan kelancaran hingga sempurna dan membawa oleh oleh haji yang mabrur.

Sementara itu Kasi Haji dan Umrah H. Khatimul Manan sebagai Ketua Pemberangkatan dan Pemulangan Jemaah Haji  di Aula Kementerian Agama memimpin dan melaporkan acara rapat Evaluasi pemberangkatan calon Jemaah haji mulai dari kloter 05 sampai kloter 96.


“Izinkan saya menyampaikan laporan rapat evaluasi PPIH Tahun 2018. Pembahasan rapat ini insyaAllah membahas 4 permasalahan yang ditemukan pada proses pemberangkatan sekaligus solusi dan jalan keluar permasalahan tersebut, dan terakhir masing masing seksi dapat memberikan rekomendasi upaya perbaikan di tahun tahun yg akan datang,” ungkap Khatimul Manan

Ia menjelaskan kondisi Pemberangkatan tahun ini sejak pemberangkatan kloter 05 JKS sampai kloter terakhir 96 JKS Alhamdulillah tidak ada kendala apapun yang sifatnya menghambat masing masing kloter, kalaupun ada masalah masalah yang timbul masih bisa diselesaikan sehingga bisa berjalan lancar kembali, diantaranya Ada sedikit kendala mulai tahun ini diadakan pemeriksaan geometric, Jemaah mengalami kelelahan.

"Pada kloter-kloter awal pemeriksaan tersebut bisa menghabiskan waktu 4 jam tiap kloter. Tetapi Alhamdulillah pemeriksaan biometrik pada kloter pertengahan sudah mulai terbiasa dan Evaluasi penyelenggaraan haji tahun ini pada proses pemberangkatan hingga di asrama haji  Kaitan dengan pelayanan kesehatan, makanan, akomodasi, pembinaan manasik, pembibingan terhadap jamaah, semua berjalan lancer," jelasnya.

Jemaah yang batal tunda dengan kategori jamaah bisa masuk ke asrama haji ada 5 orang, jamaah tersebut lolos tes kehamilan di daerah, yang 1 orang bisa berangkat, 4 orang tidak  bisa berangkat dan dikembalikan lagi  ke daerah yang berasal dari Kabupaten. Jamaah yang meninggal dunia 1 orang dari kota bandun kloter 13 JKS.


Khatimul Manan juga menjelaskan rencana persiapan pemulangan jamaah, akan dimulai tanggal 29 Agustus hari Rabu. Kedatangan jamaah tersebut pukul 10.45 WIB, masuk embarkasi asrama haji Bekasi pukul 13.45. Dan menuju daerah asal pukul 15.15 WIB, dan akan dibahas setelah acara pembukaan ini. (kemenag kota bandung).

Subscribe to receive free email updates: