Kakankemenag Ikut Pantau Perekaman Biometrik CJH Kabupaten Gorontalo

BRNews - Setelah dilepas oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Rombongan Jemaah Calon Haji (JCH) Kloter 29 Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 279 orang langsung menuju ke Embarkasi Haji Antara (EHA) Propinsi Gorontalo. 


Rombongan yang diterima langsung Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabuten Gorontalo H. Kudrat Dukalang S.Ag.M.Pd didampingi Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo Mahmud Y. Bobihu,S.Ag. Rabu (8/8/18).

Setelah diterima dan dilakukan pemeriksaan kesehatan, JCH Kloter 29 pun langsung melakukan Perekaman Biometrik dan berjalan lancar. Hal ini terlihat dari pantauan selama proses perekaman berlangsung yang didukung para operator pilihan dan tidak terlihat kendala sehingga perekaman berjalan dengan tertib sesuai dengan prosedur pelaksanaan.

Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gorotnalo Dr. H. Sabara Karim Ngou M.Pd.I yang saat itu ikut memantau Perekaman Biometrik mengatakan bahwa untuk tahun ini pelayanan Ibadah Haji mengalami kemajuan pesat seperti halnya Perekaman Biometrik di embarkasi merupakan salah satu inovasi yang dilakukan, karena sebelumnya, perekaman biometrik dilakukan di bandara Arab Saudi.

“Tujuannya yaitu untuk mempermudah para jamaah dengan memangkas waktu antrian sekaligus mengurangi kelelahan setibanya di Arab Saudi dengan lebih cepat beristirahat, karena biasanya urusan verifikasi data diri saat tiba di Saudi memakan waktu lama," ujarnya.

“Perekaman Biometrik adalah proses perekaman dokumen keimigrasian. Dalam proses ini para JCH melakukan pemindaian sidik jari, retina mata, dan wajah untuk mencocokkan paspor. Sistem ini langsung terhubung online ke Arab Saudi,” Lanjut Sabara.


Sabara berharap semoga perekaman biometrik yang sudah mulai diterapkan tahun ini berjalan lancar tanpa ada kendala sehingga tidak akan menjadi halangan bari para JCH. (kemenag gorontalo).

Subscribe to receive free email updates: