Grup Hadrah MTsN 3 Bireuen Tampil Memikat di Panggung SUWA

BRNews - Grup Hadrah putri asal Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Bireuen, tampil memikat ratusan bahkan ribuan pasang mata  yang menyaksikan penampilan mereka di panggung SUWA, Taman Bustanussalatin, Taman Sari-Banda Aceh pada Ahad malam (12/08/2018).


Kehadiran grup hadrah binaan Hj. Nathali SAg yang juga kepala MTsN 3 Bireuen itu setelah mendapat undangan dari panitia Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7. Sebelumnya pada Rabu (8/8), grup tersebut juga pernah tampil di anjungan Bireuen, di lokasi PKA ke-7 taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh.

Nathali mengatakan, penampilan kedua kali grup hadrah binaannya di ajang PKA ke-7 ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Betapa tidak, setelah tampil pertama kali di anjungan Bireuen beberapa hari lalu, grup tersebut kembali mendapat undangan untuk tampil di panggung event SUWA –suatu rangkaian event untuk mennyuskeskan PKA ke-7-- yang tampak lebih mewah, katanya.

“Tampilan anak-anak kami sepertinya sangat memukau dan memikat hati penonton dan panitia. Buktinya baru saja kami siap tampil di panggung SUWA, anak-anak kami diminta tampil kembali oleh panitia PKA ke-7 di panggung utama taman Suthanah Safiatuddin, malam itu juga,” ungkap Nathali tersenyum.

Selanjutnya Nathali menyampaikan ucapan terima kasih tak terhingga kepada seluruh panitia PKA ke-7 yang telah mengundang madrasah dan grup binaannya. Teristimewa kepada pelatih hadrah, ibu Kamaliah MAg dan juga anak-anak yang telah tampil maksimal pada malam tersebut, lanjutnya.

Sementara itu pelatih hadrah, Kamaliah yang juga kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 32 Bireuen mengatakan bahwa setiap anggota grup hadrah adalah para siswi MTsN yang terseleksi secara ketat. 

Keahlian mereka dalam memukul beberapa alat musik seperti alat musik basmika, calti dumbul dan gendang terbang, serta kerapian gerak koreografi adalah buah dari kegigihan latihan mereka yang dilakukan secara kontinu.



Pada kesempatan itu, baik Nathali maupun Kamaliah berharap agar grup hadrah binaan mereka dapat mewakili Aceh untuk untuk mengikuti festival hadrah pada ajang aksioma tahun 2018 yang rencananya dilaksanakan di Bengkulu. 

“Apalagi grup hadrah kami merupakan peraih medali emas pada ajang porseni ke XVI tingkat provinsi tahun 2018 di Subulussalam beberapa waktu lalu,” ujar Nathali. (Kemenag aceh).

Subscribe to receive free email updates: