Yang Perlu Diperhatikan Jamaah Haji Bila Ditanah Suci

BRNews - Ada beberapa kasus yang telah ditemukan oleh Tim Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) yang bertugas di Arab Saudi, yang perlu diperhatiakan oleh para jamaah haji selama di sana, yaitu:


  1. Jemaah lupa atau Kehilangan SANDAL, memaksakan pulang tanpa sandal, sehingga Kaki Melepuh karena panas aspal jalan
    SOLUSInya : Membawa kantong plastik, masukkan Sandal dalam kantong plastik dan bawa ke dalam, atau minta tolong sama Rekan belikan atau mengambil sandal gratis di sektor khusus 21 Nabawi (TGC)
  2. Jamaah Baru sampai pondok langsung ke mesjid, tidak memperhatikan nama hotel dan nomor sehingga saat pulang tersesat, dan upayakan TDK terpisah dari regu atau paling kurang ada teman 2-3 orang. SOLUSInya : Pertama datang Langsung minta kartu hotel simpan di tas kecil dan catat no kamar + hotel dan begitu sampai diluar sebelum jalan perhatikan kembali nama dan nomor hotel serta gedung dikiri-kanan dan depan hotel sbg pengingat (Jika Kesasar TGC Siap Membantu )
  3. Jamaah Setiap Keluar Pondokan sering Lupa Membawa Alat Pelindung Diri (APD), Misalnya Masker basah dan pelindung kepala seperti payung dll ( hidung keluar darah).

    SOLUSInya : Setiap Keluar pondok gunakan masker yg dibasahi, dan selalu membawa topi/pelindung lainnya, semprotan air dan botol minum, serta beberapa biji kurma ( Air Zam Zam Banyak terdapat di Nabawi )
  4. Kejadian Meninggal di mesjid karena kelelahan, Belum Istirahat, Makan, Minum serta mempunyai penyakit . SOLUSInya: Usahakan istirahat sejenak, Makan dan Minum dahulu baru ke mesjid, Jika Kelelahan Istirahat dulu, Jangan memaksakan Diri, Ingat haji itu Wukuf di ARAFAH.
  5. Jamaah Haji Sering Lupa Komsumsi Obat Apalagi Jamaah Haji yang sudah berusia Lanjut atau Lansia ( Khusus Jamaah RISTI_ Resiko Tinggi). SOLUSInya : Jangan Putus Obat (Minum Segera Mungkin Obat yang sudah dibawah dari tanah air kalau Lupa bawah Langsung Minta sama Petugas Kesehatan Haji Baik TKHI maupun PPIH, terKhusus Jamaah yang mengalami Penyakit Jantung, DM, PPOK). (sumber MK TGC Sektor 5 Madinah). (kemenagsulsel|mnm).

Subscribe to receive free email updates: