PPIH Arab Saudi Imbau Jemaah Haji Tidak Bawa Uang Banyak Saat ke Masjidil Haram

BRNews - Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Ahmad Dumyathi Bashori menegaskan jemaah haji yang akan melaksanakan ibadah di Masjidil Haram jangan membawa uang yang banyak.


Demikian dikatakannya usai menghadiri penyambutan kedatangan Kloter SUB-2 di Hotel Al Keswah, Makkah. Kamis (26/07).

“Kita dapat info dari Muasasah  bahwa untuk tidak membawa uang saat berada dimasjidil haram karena banyak peristiwa atau kejadian pencurian yang dilakukan oleh oknum-oknum,” tegasnya.

Dumyathi beralasan, karena sudah banyak peristiwa atau kejadian seputar pencurian dan penjambretan dengan korban Jemaah haji khususnya wanita yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab disekitar Masjidil Haram.

Menurutnya, Pemerintah Arab Saudi saat ini sudah melakukan pembersihan-pembersihan oknum yang suka melakukan kejahatan, pembersihan tersebut sudah sejak lama dilakukan sejak dirinya masih menjadi tenaga musiman (temus).

“Saudi telah melakukan pembersihan-pembersihan oknum yang suka mencopet dan bahkan sejak saya jadi temus di tahun 1996,” kenang Dumyathi.


Dirinya berkisah, saat itu pernah ada Jemaah yang mengalami pencurian walaupun sudah memakai celana yang berlapis-lapis tetapi bisa sobek,” tuturmya.

Dumyathi berharap Jemaah haji Indonesia tidak membawa uang yang banyak karena akan membahayakan dan keselamatan dirinya.

“Mudah-mudahan Jemaah kita tidak membawa uang yang banyak karena ini akan membahayakan bisa diuntit (diikuti) oleh pelaku,” tutupnya.(mch/ha).

Subscribe to receive free email updates: