Menjadi Karu dan Karom Perlu Kesabaran dan Keikhlasan

BRNews - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gorontalo melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) menggelar  Pemantapan Ketua Regu (KARU) dan Ketua Rombongan (KAROM) Jamaah Haji  Tingkat Kabupaten Musim Haji 1439 H/2018 M, Selasa (24/7/18).


Kegiatan ini dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gorontalo Dr.H. Sabara Karim Ngou, M.Pd.I, Kepala Seksi PHU H. Salman Haji Ali, S.Ag beserta jajarannya, dan diikuti 32 orang peserta, yakni KAROM 6 Orang, 5 dari Kloter 29 dan 1 Kloter 28, serta KARU 26 Orang. 

Kakankemenag saat memberikan materi menguraikan hal-hal yang menjadi bagian dari tugas dan fungsi Ketua Rombongan dan Ketua Regu, setelah sebelumnya mengecek kehadiran dari para Karom dan Karu.

"Sudah menjadi tugas pokok dari Ketua Rombongan adalah membantu pelaksanaan tugas Ketua Kloter maupun Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) yang menyertai jemaah di bidang pelayanan umum dan ibadah," terangnya.

Kakankemenag menjelaskan bahwa KAROM juga bertugas untuk meneruskan informasi atau petunjuk-petunjuk dari Petugas Kloter, mengatur dan menjaga anggota rombongannnya agar tetap utuh, aman, tertib, dan dapat mencapai kemabruran dalam melaksanakan ibadah haji, serta menyelesaikan dan melaporkan permasalahan-permasalahan kepada Ketua Kloter.


"Untuk tugas pokok dari KARU, adalah membantu pelaksanaan tugas Ketua Rombongan dan Petugas yang menyertai jemaah (Petugas Kloter) yang bertugas di bidang pelayanan umum dan ibadah," jelas Sabara.

"Adapun fungsi dari KARU yaitu meneruskan informasi atau pengumuman atau petunjuk-petunjuk dari Ketua Rombongan dan Petugas Kloter, TPHI, Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), serta melaporkan permasalahan-permasalahan yang terjadi di lapangan kepada Ketua Rombongan," tambahnya.

Olehnya, Kakankemenag menekankan kesabaran dan keikhlasan adalah hal paling utama yang harus ditanamkan benar dalam hati para Karom dan Karu bahwa tugas para Karom dan Karu ini merupakan tugas yang suci karena turut membantu para jemaah haji bersama para petugas haji. (kemenag gorontalo).
 

Subscribe to receive free email updates: