KUA Rantau Pulung Rakor Bersama Pengurus Masjid

BRNews - Bertempat di Balai Pertemuan Umum Kec. Rantau Pulung, Kantor Urusan Agama (KUA) setempat pada Selasa (24/07) melaksanakan Rapat Koordinasi bersama Pengurus Masjid se-Kecamatan bekerjasama dengan pihak kantor Camat.



Dalam rapat koordinasi ini bertema “Optimalisasi Mutu Pelayanan Ibadah” ini  di buka secara resmi oleh Camat Rantau Pulung, Mulyono. 

Dalam sambutannya, pihaknya menyambut positif Rapat koordinasi yang digelar oleh pihak KUA yang tak lain untuk meningkatkan nilai-nilai ibadah dan juga pelayanannya bagi jama’ah masjid di masing-masing tempat, yang mana hal tersebut merupakan tanggung jawab kita bersama, bukan hanya tugas dari pihak pengurus masjidnya”.

Sedangkan Kepala KUA, Rahman Hidayat di depan para pengurus Masjid menyampaikan “pelayanan ibadah di masjid tak lepas dari aspek yang memberikan kenyamanan, kepuasan dan ketenangan para jama’ah yang hadir di masjid-masjid yang didatangi, baik dalam mengerjakan ibadah wajib, sunnah maupun hal lainnya yang bersifat positif”.

KUA sebagai institusi, tambahnya, pemerintah di bidang pembinaan keagamaan tentu turut berperan dalam meningkatkan mutu pelayanannya di beberapa tempat di masjid. Karenanya, kepada para pengurus, jajaran takmir maupun remajanya dapat bersama-sama merawat dan mengelola tempat ibadah umat muslim dan ini merupakan kewajiban bagi kita bersama. 



"Kita harus mampu mengaturnya agar masjid benar-benar berfungsi sebagaimana mestinya. Tentunya kita dituntut mengerti dan memiliki ilmu manajemen kemasjidan, yang dapat menjadi teratur dan tertib tidak sekedar sebagai lambang kemegahan saja, namun harus berfungsi sebagai pusat ibadah dan pembinaan di tempatnya masing-masing,” ungkapnya.

Di kec. Rantau Pulung, terdapat 17 Masjid dan 31 Musholla yang tersebar di 8 desa. Keberadaan tempat ibadah, tentu secara umum bukan hanya berfungsi sebagai tempat ibadah. Namun, lebih dari itu dapat menjadi pusat perkumpulan dalam pembinaan keagamaan bagi kelompok masyarakatnya yang lebih baik dan terorganisir dengan berkesinambungan. (kemenag kaltim|ds).

Subscribe to receive free email updates: