Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi Digelar Serentak

Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah akan menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi. KSM tingkat Provinsi digelar serentak pada 25 Juli 2018 di tiap-tiap Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi seluruh Indonesia.

Direktur KSKK, Ahmad Umar menuturkan, KSM Provinsi merupakan tahapan seleksi KSM di tingkat Provinsi. Menurutnya, tahapan ini dimaksudkan untuk menjaring siswa terbaik per bidang studi KSM yang akan mewakili setiap Provinsi untuk mengikuti KSM Nasional.


“Untuk KSM tingkat provinsi tahun 2018, diikuti oleh 10.801 siswa, yang terdiri dari 1.991 siswa MI, 3.070 siswa MTs, dan 5.740 siswa MA,” ujar Umar di Jakarta, Selasa (24/07).

Umar manambahkan, target yang ingin dicapai dalam KSM adalah terjaringnya bibit unggul dan berprestasi sebagai calon peserta ajang kompetisi tingkat Internasional.

“Selain itu, menghasilkan siswa-siswi terbaik disetiap bidang dan menjadi SDM yang mencintai bidang keilmuannya,” imbuhnya.

Kasubdit Kesiswaan Direktorat KSKK, Abdullah Faqih mengatakan bahwa peserta KSM tingakt Provinsi adalah para siswa-siswi MI, MTs, dan MA yang telah memenangkan seleksi di tingkat Kabupaten/Kota.

“Siswa terbaik hasil KSM Provinsi secara otomatis akan diberikan kesempatan mengikuti tahapan seleksi KSM Nasional,” terang Faqih.

Untuk mata pelajaran yang dilombakan, lanjut Faqih, jenjang MI adalah Matematika Terintegrasi dan Sains IPA Terintegrasi.  Untuk jenjang MTs adalah Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, IPS Terpadu Terintegrasi.

“Selanjutnnya, untuk jenjang MA adalah Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, Geografi Terintegrasi,” sambung Faqih. (kemenag|gita).

Subscribe to receive free email updates: