IAIN Surakarta Kampanyekan Literasi Beragama Santun dan Toleran di CFD Solo

BRNews - Pusat Kajian dan Pengembangan Pesantren Nusantara (PKPPN) IAIN Surakarta berkampanye tentang Literasi Islam Santun dan Toleran (LISAN) di arena Car Free Day (CFD) Kota Solo, Ahad (29/7) pagi.


Direktur PKPPN IAIN Surakarta, M Zainal Anwar, dalam penjelasannya mengatakan, masyarakat yang menginginkan hidup santun dan toleran harus tampil ke publik sehingga semakin menekan dan meminimalisasi gerakan intoleransi.

Masyarakat membubuhkan tandatangan dukungan beragama santun dan toleran pada Kampanye Literasi Islam Santun dan Toleran IAIN Surakarta. foto:humas
"Kita ingin menunjukkan bahwa Islam adalah agama kasih sayang yang diperuntukkan untuk semua makhluk hidup. Ketakwaan kita tidak hanya ketika berada di masjid, tetapi juga ditunjukkan dimanapun kita berada," tuturnya.

Sementara itu, dosen IAIN Surakarta sekaligus manajer program LISAN, M Endy Saputro mengatakan, acara ini digelar dengan tujuan menggaungkan pentingnya hidup santun di tengah-tengah masyarakat dan ruang publik.

Selain orasi, kegiatan ini juga membagikan stiker bertuliskan "Wani Urip, Wani Santun." Artinya, jika kita berani hidup, maka kita harus berani menunjukkan kesantunan kepada semua orang.


Untuk meramaikan acara, para mahasiswa dan duta LISAN menampilkan hiburan musik religi dan juga hadrah dengan terbangan. Kegiatan ini juga diisi dengan aksi jalan bersama di sekitar arena car free day.

Masyarakat yang hadir  terlihat antusias dan mengapresiasi kegiatan ini yang ditunjukkan dengan kesediaan membubuhkan tandatangan dukungan beragama yang santun dan toleran  di kain putih yang dibentangkan di depan panggung CFD Kota Solo. (kemenag|mnm).

Subscribe to receive free email updates: