Guru TKQ-TPQ Kota Bandung Akan Peroleh Insentif

BRNews - Silaturrahim Akbar Guru TKQ/TPQ Se-Kota Bandung, Rabu (17/7) di GOR Pajajaran Jl. Pajajaran No. 37 Bandung. Acara ini dihadiri Wakil Walikota Bandung, Oded M Danial, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bandung, Yusup Umar, Kepala Seksi Pd Pontren Iman Amunidin, Ketua Forum FKPQ dan  jajarannya, serta seluruh guru guru se-Kota Bandung.



Wakil Walikota Bandung  Oded M Danial mengapresiasi kegiatan ini.  Oded memotivasi seluruh guru guru TKQ/TPQ untuk terus berkarya, beramal dan berkreatifitas dalam menjalankan dakwah di Kota Bandung. Sesuai tema “Dengan semangat yang tinggi dan kebersamaan mari kita tingkatkan peran serta dalam menanamkan nilai  nilai Al Qur’an bagi anak dan masyarakat.”

Dalam kesempatan tersebut Oded M Danial   memberikan kabar gembira untuk guru guru TKQ/TPQ agar terus mengajar karena Allah dengan semangat, karena pemerintah kota bandung akan terus komitmen berusaha memberikan perhatian khusus untuk para guru guru madrasah di Kota Bandung.

Ditempat yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Yusup Umar mengharapkan agar guru guru TKQ/TPQ bisa meningkatkan kwalitas mengajar baik keilmuan atau kreatifitas guru itu sendiri, sehingga tidak diragukan lagi keberadaannya di masyarakat, komitmen perhatian dan  kepedulian Pemerintah kota Bandung harus dapat menjadi sebuah motivasi khusus untuk guru guru TKQ/TPQ sehingga harus bisa lebih baik dan maju lagi.

Kakamkemenag juga  menjelaskan latar belakang pendidikan guru guru hampir belum ada yang ahli  sarjana ilmu Al Quran, Yusup Umar mengharapkan, agar guru guru yang belum benar dalam pengucapan makhrijul hurup segera meningkatkan kwalitas mengajinya, sehingga bisa sampai ke anak didik di madrasah dengan pengucapan baik yang benar. 

Ke depan pemerintah kota bandung berencana akan mendirikan gedung LPTQ yang dapat dimanfaatkan sebagai Institut Pendidikan Al Qur’an. Selain itu, Pemerintah Kota Bandung akan  terus berusaha meningkatkan sumber daya manusianya, bagaimana agar guru  guru memiliki latar belakang  ilmu Al Qur’an dan cabang cabang MTQ sehingga bisa berkembang  di kota bandung.

Kakankemenag menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kota Bandung yang telah konsisten memperhatikan kesejahteraan guru guru TKQ/TPQ , setelah sekian banyak kegiatan kegiatan Kementerian Agama yang dibantu oleh Pemerintah Kota Bandung, dan tahun 2018 akan segera dicairkan ke rekening rekening untuk guru guru TKQ/TPQ, dengan beberapa persyaratan yang harus diperhatikan dan dipersiapkan.

Menurut Kakankemenag jajaran Kementerian Agama  dan forum forum yang berada di bawah bimbingan dan pengawasan Kemenag Kota Bandung sepakat dalam menentukan persyaratan untuk guru guru yang berhak menerima dana bantuan.

Pertama, akuntabilasi keuangan pemkot bandung masih dalam status WDP (Wajar dengan pengecualian), berharap tahun ini meningkat statusnya menjadi WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). Kedua, Guru madrasah ikut diakomodir di hibah pemkot yang ada di Kemenag kota bandung, sehingga ada perubahan jumlah kuota awal. 
Ketiga, anggaran hibah sudah masuk di rekening kementerian agama, dan bendahara diarahkan segera ditransferkan sesuai waktunya pada rekening rekening penanggungjawab hibah sesuai poksinya masing masing dan setiap kepala seksi bertugas sebagai komandonya atau penanggungjawabnya. 
Keempat, administrasi pelaporan LPJ hibah harus lebih baik, data terverifikasi secara valid jangan sampai ada doble acount atau doble data. Kelima, seluruh dana hibah tidak diberikan secara tunai tapi harus melalui rekening. Bagi pengelola yang belum membuat rekening maka dana belum bisa ditransfer. 
Keenam, Bank yang ditunjuk untuk rekening pengelola BJB Syariah atau konvensional. Ketujuh, harus ada surat pernyataan bermaterai bahwa penerima hibah benar benar tidak menerima doble. Kedelapan, bagi guru guru yang belum tercover karena keterbatasan kuota..maka akan diakomodir melalui dana yg diajukan kemenag kepada BAZNAZ. 
Kesembilan, untuk hibah tahun 2019, harus ada update nama by name by adress untuk penerima bantuan hibah khususnya yang disalurkan kepada guru. (kemenagjabar|gita).

Subscribe to receive free email updates: