Pengemudi Arus Balik Diingatkan Waspadai Kepadatan Tol Fungsional

foto republika
BRNews - Para pemudik yang akan melakukan perjalanan arus balik di wilayah Jawa Tengah perlu mewaspadai potensi kepadatan arus lalu lintas, baik di ruas tol fungsional maupun ruas tol operasional.


Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono mengatakan, potensi kepadatan arus lalu lintas ini ada di jalur darurat Kali Kenteng, jembatan Kalikuto, Gerbang Tol (GT) Banyumanik dan Manyaran serta GT Kertasari.

"Selain oleh karena penyempitan jalur, kepadatan kendaraan arus lalu lintas ini juga berpotensi terjadi di gerbang tol," ungkapnya di laman republika.co.id, Senin (18/6).

Kapolda juga menjelaskan, pada saat arus balik Lebaran 1439 Hijriah ini, ruas tol fungsional arah Kartasura menuju Salatiga akan dibuka 24 jam bagi pemudik, sampai dengan Ahad (24/6) mendatang.

Sedangkan puncak arus balik, di ruas tol fungsional Kartasura- Salatiga ini diperkirakan akan berlangsung pada hari Selasa (19/6) hingga hari Rabu (20/6) nanti. Guna menghindari kepadatan arus lalu lintas di ruas tol fungsional --selama arus balik-- disarankan untuk melakukan perjalanan di luar prediksi puncak tersebut.

Kapolda juga menambahkan, keberadaan ruas tol fungsional Kartasura- Salatiga ini cukup membantu para pemudik agar tidak terjebak kemacetan di dalam kota Boyolali.

"Selain itu juga untuk menghindari potensi kepadatan arus lalu lintas jalan nasional akibat penyempitan di jembatan Bakalan," ungkapnya. (rol|mnm).

Subscribe to receive free email updates: