Tingkatkan Ilmu Agama, MIN 1 Balikpapan Gelar Pesantren Ramadhan

BRNews - MIN 1 Balikpapan menggelar Pesantren Ramadhan 1439 Hijriyah, Jum’at dan Sabtu, 19 Mei 2018. Kegiatan tersebut dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan 11.30. Beberapa materi kegiatan dalam pesantren Ramadhan ini disampaikan  wali kelas masing-masing mengenai ibadah praktis seperti thaharah, sholat, tadarus, taraweh dan satu materi dari narasumber guru PAI mengenai tata cara makmum masbuq.


Materi guru PAI dikemas dalam bentuk audio visual, yakni siswa (i) diajak nobar film islami dokumenter seputar tata melaksanakan shalat ketika menjadi makmum masbuq. Materi ini sangat menarik bagi siswa (i) utamanya dalam membiasakan anak sejak dini tertib dalam shalat pun dalam kegiatan sehari-hari di tengah-tengah masyarakat, atau pada saat mereka ikut orang tua shalat di mushalla atau masjid dekat rumahnya.
Setelah di hari pertama mereka mendapatkan materi tentang ibadah seputar Ramadhan, tata cara shalat sunnah taraweh, kegiatan ini dilengkapi dengan acara nobar film islami.
Siswa (i) sangat antusias memasuki ruang kelas 5a dan 6a yang sudah disulap menjadi mini studio. kegiatan nobar di hari kedua Pesantren Ramadhan tahun ini merupakan inisiatif guru agama dalam menyiasati metode pembelajaran yang lebih menarik dan mengajak siswa lebih aktif.
Dalam kesempatan tersebut, Kepala MIN 1 Balikpapan, Agus Hardyanto, S. Pd.I menyampaikan bahwa dengan kegiatan Pesantren diharapkan siswa mampu mengambil pelajaran penting dari materi yang disampaikan oleh guru pedamping dan narasumber sehingga pengetahuan mereka tentang ibadah seputar Ramadhan pun tata cara menjadi makmum masbuq meningkat dan benar dalam penerapannya.
Lamidi Nur Cahyono, S. Pd.I (Koord. Kurikulum) menegaskan bahwa kegiatan Pesantren Ramadhan di MIN 1 Balikpapan harus tetap digalakkan setiap tahunnya, karena merupakan bagian terpenting dalam mengisi kegiatan bulan suci Ramadhan. Selain itu juga diharapkan semua guru terlibat langsung dalam suksesnya program ini, dari guru para siswa meniru dan  tauladan mereka saat ini adalah guru.

Drs. H. Syamsul Huda, Pengawas Madrasah Ibtidaiyah kota Balikpapan dalam tausiyah jelang Buka Puasa Bersama menyampaikan bahwa setiap siswa harus melaksanakan kewajibannya sebagai siswa Madrasah dan juga sebagai hamba Allah. Setiap siswa harus patuh terhadap tata tertib sekolah dan mengikuti arahan atau nasihat dari guru. 
Selain itu, yang paling penting adalah bersungguh-sungguh ketika melaksanakan ibadah agar kelak menjadi orang yang sukses dalam akademik dan sukses dalam masyarakat.
Kegiatan tersebut pada hakikatnya diharapkan mampu memotivasi siswa dalam menjalani hari-hari selama menempuh pendidikan 6 tahun di Madrasah Ibtidayah lebih khusus lagi agar selalu beribadah dengan benar dan sungguh-sungguh serta meningkatkan kedisiplinan. (Abd. Halim,S.Pd.I - Guru Bahasa Arab MIN 1 Balikpapan|kemenag kaltim|mnm).

Subscribe to receive free email updates: