Siswa MAN 1 Boalemo Raih Beasiswa ke Cina

BRNews - Prestasi membanggakan diperoleh siswa MAN 1 Boalemo Gorontalo, Muthiah Manto dan Ajeng Elsinta Mutadji, meraih beasiswa studi ke Cina. Keduanya lulusan tahun pelajaran 2017/2018.
Program Beasiswa ini adalah program unggulan Pemerintah Kabupaten Boalemo  yang digiatkan oleh Dinas Pendidikan.


Menurut Kepala Madrasah Erman Hubu, kedua siswanya itu termasuk dalam 22 siswa Kabupaten Boalemo yang berhasil meraih beasiswa ke negeri tirai bambu tersebut. 
Mutiah Manto mengambil jurusan non kedokteran yaitu Ilmu Bisnis internasional dan Farmasi di kampus Jiangsu Institute, sementara Ajeng Mutadji mengambil fakultas kedokteran di kampus Hubei Science and Technology.
Saat ini mereka sedang menjalani pembekalan di Graha Pena Surabaya. Pembekalan yang dijalani adalah penguatan dan penguasaan Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin selama lima bulan. Setelah itu diberangkatkan ke Cina dan akan mengikuti perkuliahan sampai selesai. 
"Seluruh biaya kuliah baik itu SPP, Buku-buku, Asrama Mahasiswa sudah masuk dalam beasiswa. Orang tua hanya memikirkan biaya hidupnya yang kisaran biayanya sekitar 800.000-1.500.000 rupiah  perbulan,” terang Erman, Kamis (17/5/18).
Lolosnya 2 siswa lulusan MAN 1 Boalemo tersebut tambah Erman tentu merupakan kebanggaan besar bagi seluruh warga MAN 1 Boalemo. Sebab Madrasah saat ini bisa memberikan kontribusi terbaik dalam mewujudkan generasi yang bukan hanya bisa dalam ilmu keagamaan, tetapi bisa menunjukkan kemampuan serta output kualitasnya terhadap konten pengetahuan umum. Karena kelak para lulusan beasiswa belajar ke Cina tersebut bukan hanya hebat berbahasa Inggris namun menguasai juga bahasa Mandarin.
"Jelaslah output seperti ini bisa selaras dengan tuntutan belajar abad 21. Dan nantinya mereka bisa menorehkan ide dan pengetahuannya terhadap kemajuan pembangunan daerah khususnya Kabupaten Boalemo. Membangun dari pinggiran, meningkatkan yang unggul, Madrasah Hebat dan Bermartabat," tegas Erman.


Kepala Dinas Pendidikan Boalemo Serman Moridu, S.Pd, M.Pd mengemukakan program ini merupakan kerja sama antara Kabupaten Boalemo dengan lembaga Yayasan Indonesia Tionghoa Culture Center (ITCC) yang dipimpin Dahlan Iskan. Dan program kerja sama ini perdana dimulai tahun 2018.
"Jadi 5-20 tahun kedepan, diharapkan Boalemo akan memiliki para generasi cerdas lulusan perguruan tinggi luar negeri yang Insya Allah bisa membangun Boalemo menjadi daerah maju dan terdepan," tutur Serman.(kemenag|mnm).
 

Subscribe to receive free email updates: