Parenting Skill Wujudkan Madrasah Ramah Anak

BRNews - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Jawa Barat mengadakan pelatihan parenting skill pada  15-16 Mei 2016 di The Java Hotel Kota Bandung. 



Peserta kegiatan sebanyak 50 orang berasal dari Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kota Bogor, dan Kota Bekasi. Kegiatan ini diharapkan akan terwujud keluarga yang ramah anak untuk mendorong terwujudnya Kabupaten/Kota Layak Anak.
"Dalam UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, ada 31 hak anak. Anak harus mendapatkan perlindungan dari bentuk kekeerasan fisik, psikis, seksual, dan penelantaran. Konvensi Hak Anak diwujudkan dalam Kabupaten/Kota Layak Anaka," demikian disampaikan oleh pemateri Dra. Hj. Dian Mardianawati, M.Pd (Ketua Perkumpulan Azzahra).
Sementara Dr. Aam Kurnia, M.Pd. Dosen UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyatakan orang tua menstimulasi anak dengan cara yang baik dan benar sesuai dengan perkembangan anak. Stimulasi tersebut pendekatannya harus individual karena pada kenyataannya anak itu unik yang berbeda satu dengan yang lainnya. 
"Apapun perlakuan kepada anak, baik orang tua ataupun guru akan sangat berpengaruh bagi perkembangan dan kemajuan anak tersebut sampai dewasa," tuturnya.
Sementara itu Ketua PKK Kabupaten Sukabumi Yani Marwan Hamami pada sesi dialog mengingatkan bahwa peran  orang tua (keluarga di di rumah dan guru di sekolah/madrasah) dalam pengasuhan anak sangat penting. Orang tua harus menjadi teladan bagi setiap anak, menanamkan akidah dan akhlak serta menanamkan sikap peduli terhadap sesama memberikan empati terhadap sesama dan lingkungannya menjadi prioritas utama. 


"Berikan mereka (anak) hak untuk memperoleh kesempatan menggunakan waktu luang dengan fasilitas yang bisa mengedukasi seperti membaca buku, permainan tradisional (kaulinan barudak), aktivitas ketahanan diri seperti pencak silat, karate, atau lainnya," katanya.
Pada kesempatan yang sama Erwan Hermawan sebagai peserta mewakili Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi dalam RTL nya memaparkan "Mewujudkan madrasah ramah anak di Kabupaten Sukabumi adalah keniscayaan. Madrasah ramah anak memenuhi, menjamin hak anak dan melindungi anak dari kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan salah". (kemenag sukabumi).

Subscribe to receive free email updates: