Pengurus Wilayah DMI DI Yogyakarta Gelar Rapat Kerja Wilayah

BRNews - Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) menyelenggarakan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) di Ruang Rapat 1 Kanwil Kemenag DIY, Sabtu (3/3/2018). Rakerwil ini mengangkat tema "Mengenali Motif Intoleransi Dalam Kehidupan Beragama."



Ketua PW DMI, Prof. Dr. Muhamad mengatakan, Rakerwil ini bertujuan - antara lain - untuk menetapkan langkah konsolidasi organisasi serta program unggulan PW. DMI dan juga menyikapi isu-isu aktual yang sedang berkembang menyangkut aksi intoleransi di Yogyakarta khususnya dan Indonesia umumnya.

Ia menerangkan, PW DMI memiliki sejumlah program unggulan dan strategis. Seperti program pembinaan dan perbaikan akustik/sound system Masjid (saat ini tidak kurang dari 3000 masjid yang sudah dibantu perbaikan dan perawatannya), penerbitan kutbah jumat rutin setiap bulan, dan gerakan Wakaf Tunai.

"Selain itu ada juga program kerjasama PW DMI dengan Yayasan ACT (Aksi Cepat Tanggap) Yogyakarta dalam hal Kemitraan Fundraising untuk Kemanusiaan. Dan juga kerjasama PW DMI dengan BINDA DIY dalam  menyikapi dan mencegah secara dini aksi Intoleransi kehidupan beragama," ungkap Prof. Muhamad.

Sementara itu Kakanwil Kemenag DIY, Muhammad Lutfi Hamid, saat membuka Rakerwil ini mengemukakan bahwa berbicara tentang masjid pasti juga berhubungan dengan "harakah" gerakan yang membangun hubungan dengan Allah swt (hablun minallah) dan hubungan baik dengan sesama manusia (hablun minannas).

"Hablum minallah dan hablum minannas, pastilah didasari dengan kelemahlembutan sikap, menebar kasing sayang (mahabbah) dan kedamaian." ungkapnya. "Sikap keras, ujaran kebencian serta intoleransi dalam bentuk apapun selalu saja didasari oleh ketidakfahaman seseorang atas ajaran suatu agama dan juga motif-motif ekonomi dan politik," jelas Lutfi Hamid.

Rakerwil PW DMI tahun 2018 ini diikuti 60 peserta. Selain seluruh pengurus wilayah,  ada perwakilan PD DMI Kabupatan/Kota se-DIY. Juga dihadiri perwakilan dari pengurus masjid raya DIY, masjid Agung se-DIY. 


Hadir sebagai keynote speech dalam kesempatan Rakerwil kali ini, Kakanwil Kemenag DIY, Muhammad Lutfi Hamid dengan tema "Kebijakan Kementerian Agama dalam mengantisipasi Intoleransi Beragama". Hadir juga sebagai narasumber Kepala BINDA DIY, Brigjen Polisi Drs. Anang Suhardi, MH, dengan judul prasaran Mengenali motif intoleransi dalam Kehidupan Beragama. Dan Kepala Kesbangpol Pemda DIY, Drs. Agung Supriyono, SH., MH., yang menguraikan tentang "Peran masjid dalam menciptakan kondusifitas pileg dan pilpres 2019."

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan kerjasama PW DMI DIY dengan ACT Yogyakarta dan penyerahan Sertifikat Wakaf Uang dari Ketua PD DMI Bantul kepada Wakif, yang sertifikatnya ditebitkan oleh Bank BPD Syariah DIY. (kemenag|mnm).

Subscribe to receive free email updates: