MAN 1 Yogyakarta Gelar Pelatihan E-Learning Menuju E-Madrasah

BRNews - Persiapan menuju E-Madrasah di MAN 1 Yogyakarta terus berlanjut. Selain perancangan program dan aplikasi yang dibutuhkan, madrasah ini juga menggelar uji coba dan pelatihan penggunan aplikasi E-Learning untuk guru. Pelatihan ini berlangsung di Laboratorium Komputer, Selasa(6/3).

Kegiatan ini bekerjasama dengan Prime Mobile Bimbingan Belajar Online yang terintegrasi dengan semua komponen pembelajaran.

Sebelumnya pelatihan serupa  telah digelar pada Kamis (26/1) beberapa waktu lalu. “Kegiatan ini merupakan pelatihan lanjutan. Sebelum sistem aplikasi ini benar-benar di madrasah,” terang Wakil Kepala MAN 1 Yogyakarta Taufik Zamhari, M.Sc. di Laboratorium Komputer, Selasa (6/2) sore.

Taufik menargetkan, para guru mampu dan mengusai cara menggunakan sistem pembelajaran dengan aplikasi tersebut. Seperti  cara pembuatan soal, penilaian, dan pemberian tugas secara online.  Sementara itu para Siswa dapat mengerjakan sendiri lewat secara online, bahkan orang tua juga bisa memantau anaknya, apakah sudah mengerjakan tugas atau belum.


Taufik melanjutkan, pelatihan yang kedua ini, para guru mendapatkan materi tentang cara memberi tugas, sesuai dengan kelas, mata pelajaran, progam studi, dan jenjangnya.

Pihak Prime Mobile, Untoro Hadi Suharto, S.Kom menuturkan, E-Madrasah ini seperti migrasi dari sistem manual menuju sistem digital, sehingga butuh waktu adaptasi yang cukup. Untuk  itu saran Toro, demikian sapaan akrabnya,  agar civitas akademika, baik guru maupun siswa  memperbanyak praktik. “Pokoknya harus sering dicoba,”ujarnya. (kemenag diy).

Subscribe to receive free email updates: