Mahasiswa IAIN Jember KKN Lintas Nusantara di Papua

BRNews - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember mengirimkan delapan mahasiswa untuk melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Lintas Nusantara di Papua. Mereka akan melaksanakan KKN sejak tanggal 5 Maret sampai 30 April 2018.

Rektor IAIN Jember Babun Suharto mengatakan bahwa KKN Lintas Nusantara yang digagas oleh IAIN Jember merupakan hasil kerja sama dengan STAIN Al-Fatah Jayapura.
"KKN Lintas Nusantara telah dimulai sejak 2016 dan mendapat apresiasi dari mahasiswa. Selain di Papua, mahasiswa IAIN Jember juga telah kami kirim untuk KKN di Bengkalis," ungkap Babun Suharto, Senin (5/3) di Jember.
Dikatakan Babun, program KKN Lintas Nusantara merupakan wujud nyata keterlibatan IAIN Jember sebagai bagian dari PTKIN yang turut serta melakukan advokasi masyarakat Papua dalam membangun solidaritas agama di tengah masyarakat yang majemuk.
"Para mahasiswa akan mengembangkan masyarakat dengan pengetahuan dan keterampilan mereka. Mereka akan memenuhi kebutuhan masyarakat muslim setempat tentang pemahaman nilai-nilai Islam Nusantara yang moderat. Karena itu, kami berharap kehadiran mahasiswa IAIN Jember menjadi pilar pembangunan yang dapat memberikan solusi," ungkap Babun.
Babun mengatakan bahwa program KKN Lintas Nusantara ini terpilih sebagai tujuh kontestan terbaik pada ajang kompetisi program inovatif dari setiap unit kerja di lingkungan Kementerian Agama. Menurutnya, program ini telah dipresentasikan dan mendapat apresiasi positif pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agama Tahun 2018 yang berlangsung bulan Januari lalu.
Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat IAIN Jember Muhibbin menuturkan bahwa KKN Lintas Nusantara menegaskan bahwa KKN lintas nusantara ini merupakan bagian dari upaya untuk meneguhkan serta membangun nilai kebangsaan dan nasionalisme khususnya bagi mahasiswa IAIN Jember.
Menurut Muhibbin, sebelum diterjunkan ke Papua, mahasiswa peserta KKN Lintas nusantara telah diberikan tambahan pengetahuan melalui kegiatan orientasi. "Kami berharap bekal yang diberikan sebelumnya dapat menjadi modal tambahan untuk melakukan pengabdian masyarakat di tanah Papua," kata Muhibbin.
Selain ke Tanah Papua, mahasiswa IAIN Jember dalam waktu dekat juga akan diterjunkan untuk melaksanakan KKN Lintas Nusantara, diantaranya Bengkalis Provinsi Riau, Aceh dan Kalimantan. (pendis.kemenag.go.id).

Subscribe to receive free email updates: