Madrasah Aliyah Mu'min Ma'sum Gelar Simulasi UAMBN-BK

BRNews - Madrasah Aliyah Mu’min Ma’sum Selasa pagi (6/3) gelar Simulasi Ujian Madrasah Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK)  di ruang kelas dengan memanfaatkan laptop sebagai alat bantu. Beberapa orang  anak tampak sedang berkonsentrasi menyelesaikan berbagai soal yang muncul di layar laptop.



Kepala MA Mu’min Ma’sum Kota Tasikmalaya, Didin Burhani menuturkan, kegiatan ini dilaksanakan dalam dua sesi, sesi pertama diikuti oleh siswa MA Mu’min Masum dan sesi ke 2 diikuti oleh siswa MA Jidris Assalam. Sampai saat ini belum ada kendala yang cukup berarti  karena ketika muncul suatu masalah ada helpdesk yang sigap untuk membantu.
“Alhamdulillah pihak helpdesk selalu ada untuk membantu mencarikan solusi terhadap kendala yang ada,” tegasnya.
Dia menjelaskan ada sedikit perbedaan aplikasi antara UNBK dan UANBK. Untuk UANBK menggunakan aplikasi bawaan dari web online sementara untuk UNBK menggunakan aplikasi CBTSYNC sehingga untuk untuk UNBK sinkronisasinya menunggu intruksi dari pusat.
“Untuk UAMBN lebih mudah lagi karna ada back up data di web online” ujarnya.
Didin menambahkan simulasi ini  dirasakan penting untuk memperkenalkan anak bagaimana pelaksanaan ujian dengan menggunakan computer yang tentunya akan berbeda dengan ujian konvensional seperti yang selama ini dilakukan.


“Harapannya dengan adanya simulasi ini kita bisa mengantisipasi kegagalan yang dimungkinkan muncul nantinya,” jelasnya.
Penerapan ujian  madrasah nasional berbasis komputer  untuk tingkat madrasah aliyah rencananya akan mulai diterapkan tahun depan karenanya simulasi ini menjadi satu ikhtiar agar pelaksanaan bisa berjalan dengan lancar. (kemenag|mnm).

Subscribe to receive free email updates: