Kanwil Kemenag Serahkan Naskah USBN Pendidikan Agama ke Dinas Dikpora DIY

BRNews - Kanwil Kemenag DIY menyerahkan naskah Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Mata Pelajaran Pendidikan Agama kepada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Prov. DIY, Kamis (8/3).


Master naskah diserahkan langsung oleh Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, H. Masrudin, M. Pd.I.  Turut mendampingin antara lain Pembimas Kristen, S.PAK, Pembimas Buddha, Drs. Saryono, M.M. dan pejabat lainnya.


Masrudin mengungkap tugas Kemenag berkaitan dengan USBN ini antara lain melakukan sosialisasi ke Kabupaten/Kota, menyusun master soal serta melakukan monitoring.

“Monitoring kami lakukan secara langsung ke Sekolah-sekolah untuk mengetahui kekurangan yang mungkin terjadi di lapangan, sehingga bisa menjadi bahan perbaikan untuk pelaksanaan selanjutnya,” ujar Masrudin.

Sedangkan Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam pada PAUD dan Pendidikan Dasar, Drs. H. Akhmad Khamim, M.A. menambahkan, untuk tahun ini Kemenag hanya menyediakan master soal, untuk penggandaan dan koreksi diserahkan ke Dinas Kabupaten/Kota masing-masing.


“Untuk tahun ini kami hanya bisa menyediakan master naskah soal, sedangkan penggandaan kami serahkan ke masing-masing Kabupaten/Kota. Namun kami juga menyediakan soft file yang kami simpan di compact disk yang bisa langsung dicetak,” jelas Khamim.

Master naskah soal yang diserahkan berupa pelajaran untuk enam agama. Masing-masing untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK. Sedangkan untuk aliran kepercayaan, tidak tersedia karena sampai batas yang ditentukan tidak ada pengajuan dari para penganut kepercayaan yang bersangkutan. (kemenag diy).

Subscribe to receive free email updates: