Calhaj Bantul Mulai Membuat Paspor di Unit Layanan Paspor

BRNews - Jamaah Calon Haji Kabupaten Bantul yang tahun ini berangkat mulai membuat paspor di Unit layanan Paspor (ULP) Bantul Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta yang terletak di Ringroad Barat Tamantirto Kasihan Bantul.


Pada musim haji tahun ini Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul bekerjasama dengan Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta telah menjadwal pembuatan paspor jamaah haji pada tanggal 5-23 Maret yang terbagi menjadi 15 kelompok Kecamatan.


Kepala Kantor Kemenag Bantul Drs. H. Buchori Muslim, M.Pd.I didampingi Pranata Humas, Kamis (8/3) memantau langsung proses pembuatan paspor jamaah haji.

Menurut pantauan hari keempat proses pembuatan paspor berjalan lancar setelah jamaah ambil antrian menunggu giliran dilanjutkan cek biodata, foto dan sidik jari, rata-rata per orang kurang dari 5 menit sudah selesai.

Buchori mengemukakan sebelum penjadwalan pembuatan paspor Kantor Kemenag Bantul terlebih dahulu telah melakukan pemberkasan syarat-syarat pembuatan paspor dari jamaah haji, untuk dilakukan verifikasi kelengkapan berkas oleh Kantor Imigrasi. 

“Kalau pada tahun-tahun sebelumnya chek kelengkapan berkas dilakukan berbarengan dengan proses pembuatan paspor sehingga memakan waktu yang lama, kali ini tinggal chek biodata, foto dan sidik jari, sehingga bisa lebih cepat,” tuturnya.



Sementara Kasubsi Perijinan Rini Hartati Puji Handayani, menuturkan dibukanya ULP Kantor Imigrasi di Bantul bertujuan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat terkait proses permohonan pembuatan paspor.

“Masyarakat dan jamaah haji yang selama ini melakukan proses permohonan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta dapat melakukan di Unit Layanan Paspor Bantul, agar antrian tidak terlalu panjang,” ujar Rini Hartati. (kemenag diy).

Subscribe to receive free email updates: