Beasiswa Santri Berprestasi Segera Dibuka, Ini Pilihan Perguruan Tingginya

BRNews - Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) tahun 2018 akan segera dibuka. Pembukaan PBSB ini rencananya akan dirilis Menag Lukman Hakim Saifuddin pada akhir Maret di UGM Yogyakarta.


Kepala Subdit Pendidikan Pesantren, Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Dit PD Pontren), Basnang Said mengingatkan pentingnya santri memantapkan pilihannya pada jurusan yang diminati dan sesuai dengan kemampuannya.

“Kita mengevaluasi beberapa kegagalan mahasiswa PBSB sebelumnya. Tidak sedikit mahasiswa yang mengundurkan diri dari PBSB setelah merasa tidak mampu mengikuti perkuliahan," Jakarta, Senin (5/3).
Setelah dikonfirmasi, banyak diantara mereka yang mengaku memilih jurusan bukan berdasarkan minat dan kemampuannya. Alasannya bervariasi, ada yang diarahkan oleh pihak pesantren, ada yang ikut-ikutan, bahkan ada pula yang belum memahami jurusan-jurusan yang disediakan.

“Santri yang akan mendaftar PBSB diminta memahami secara betul jurusan-jurusan yang disediakan serta perguruan tinggi yang menyelenggarakan. Selain itu santri diminta mengukur kemampuannya pada jurusan yang akan dipilih,” tambah Basnang.

Sebagai informasi, berikut daftar perguruan tinggi dan jurusan yang disediakan dalam PBSB 2018:

INSTITUT PERTANIAN BOGOR (IPB):
1. Fakultas Kedokteran Hewan; Kedokteran Hewan
2. Fakultas Ekologi Manusia; a) Ilmu Gizi, b) Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat, c) D3 Teknologi Produksi Dan Pengembangan Masyarakat Pertanian, d) Ilmu Keluarga Dan Konsumen.

3. Fakultas Ekonomi Dan Manajemen; a) Agribisnis, b) Ekonomi Sumberdaya Dan Lingkungan, c) Manajemen.
4. Fakultas Kehutanan; a) Konservasi Sumberdaya Hutan Dan Ekowisata, b) Teknologi Hasil Hutan, c) Silvikultur, d) Manajemen Hutan.

5. Fakultas MIPA; a) Meteorologi Terapan, b) Fisika, c) Kimia, d) Biologi, e) Biokimia, f) Ilmu Komputer, g) Statistika, h) Matematika.

6. Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan; a) Teknologi Dan Manajemen Perikanan Budidaya, b) Teknologi Hasil Perairan, c) Manajemen Sumberdaya Perairan, d) Ilmu Dan Teknologi Kelautan, e) Teknologi Dan Manajemen Perikanan Tangkap.

7. Fakultas Pertanian; a) Agronomi Dan Hortikultura, b) Arsitektur Lanskap, c) Manajemen Sumberdaya Lahan, d) Proteksi Tanaman.
8. Fakultas Peternakan; a) Ilmu Nutrisi Dan Teknologi Pakan, b) Ilmu Produksi Dan Teknologi Peternakan, c) Teknologi Produksi Ternak, d) Teknologi Hasil Ternak.

9. Fakultas Teknologi Pertanian; a) Ilmu Dan Teknologi Pangan, b) Teknik Mesin Dan Biosistem, c) Teknologi Industri Pertanian, d) Teknik Sipil Dan Lingkungan

INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOVEMBER (ITS) SURABAYA
1. Fakultas MIPA; a) Matematika, b) Statistika
2. Fakultas Teknologi Informasi; a) Sistem Informasi, b) Teknik Informatika
3. Fakultas Teknologi Industri; a) Teknik Elektro, b) Teknik Industri

UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan; a) Farmasi, b) Keperawatan, c) Kesehatan Masyarakat

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
1. Fakultas Humaniora; a) Bahasa dan Sastra Arab, b) Bahasa dan Sastra Inggris
2. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan; a) farmasi, b) Pendidikan Dokter
3. Fakultas Ekonomi; Perbankan Syariah
4. Fakultas Sains dan Teknologi; Teknik Arsitektur

UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
Fakultas Dakwah; a) Bimbingan dan Konseling Islam, b) Pengembangan Masyarakat Islam

UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
Fakultas Ushuluddin; Tasawwuf Psikoterapi

UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
Fakultas Ushuluddin; a) Ilmu Al-Qur’an dan tafsir, b) Ilmu Hadits

UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan; a) Pendidikan Dokter, b) Farmasi, c) Ilmu Keperawatan, d) Kesehatan Masyarakat

UIN WALISONGO SEMARANG
Fakultas Syariah; Ilmu Falak

UNIVERSITAS AIRLANGGA (UNAIR) SURABAYA
1. Fakultas Kedokteran; a) Pendidikan Dokter, b) Pendidikan Bidan
2. Fakultas Kedokteran Gigi; Pendidikan Dokter Gigi
3. Fakultas Farmasi; Pendidikan Apoteker
4. Fakultas Keperawatan; Pendidikan Ners
5. Fakultas Kesehatan Masyarakat; Kesehatan Masyarakat

UNIVERSITAS CENDRAWASIH JAYAPURA
1. Fakultas MIPA; Farmasi
2. Fakultas Kedokteran; Ilmu Keperawatan
3. Fakultas Kesehatan Masyarakat; Ilmu Kesehatan Masyarakat
4. Fakultas Teknik; Teknik Sipil

UNIVERSITAS GADJAH MADA (UGM) YOGYAKARTA
1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis; a) Akuntansi, b) Ilmu Ekonomi
2. Fakultas Farmasi; Farmasi
3. Fakultas Ilmu Sosial Politik; Ilmu Komunikasi
4. Fakultas Kedokteran Hewan; Pendidikan Dokter Hewan
5. Fakultas Kedokteran Gigi; Pendidikan Dokter Gigi
6. Fakultas Psikologi; Psikologi
7. Fakultas Teknologi Pertanian; Teknologi Industri Pertanian

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (UPI) BANDUNG
1. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni; Pendidikan Bahasa Inggris
2. Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA; a) Pendidikan Biologi, b) Pendidikan Fisika, c) Pendidikan Kimia, d) Pendidikan Matematika
3. Fakultas  Ilmu Pendidikan; a) Administrasi Pendidikan, b) Teknologi Pendidikan, c) Bimbingan dan Konseling
4. Fakultas Pendidikan Seni dan Desain; a) Pendidikan Seni Rupa, b) Pendidikan Seni Musik
Apabila santri sudah menentukan jurusan yang sesuai minat dan kemampuannya, lebih lanjut Basnang memberikan tips sukses dalam meraih beasiswa PBSB.

Pertama, pahami dan lengkapi persyaratan administrasi. Santri diminta untuk membaca dan memahami dahulu persyaratannya. Kemudian persyaratan administrasi diisi dengan selengkap-lengkapnya.

Sebagai catatan, pada pilihan kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, santri yang mendaftar diharuskan menguasai hafalan Alquran sebanyak 10 juz. Tes hafalan Alquran tersebut akan dilaksanakan bersamaan dengan jadwal seleksi tes CBT.

Kedua, berkoordinasi dengan pesantren. Santri diminta berkoordinasi dengan pesantrennya untuk membuat akun pondok pesantren dan akun santri. Form juga akan memuat profil pesantren dan Nomor Statistik Pondok Pesantren (NSPP).

Ketiga, daftar lebih awal. Santri dianjurkan mendaftar lebih awal. Hal ini untuk menghindari terjadinya respon yang lambat dari server pendaftaran. Selain itu, supaya Tim IT dapat merespon secara cepat ketika terjadi problem dalam pendaftaran.

Keempat, finalisasi pendaftaran. Periksa kembali isian formulir pendaftaran. Pastikan kembali data yang dimasukkan serta jurusan yang dipilih sudah benar sebelum menekan finalisasi. Ketika sudah difinalisasi, maka data dan isian tidak dapat dirubah kembali.
Kelima, pilih lokasi yang terjangkau.  Tentukan pilihan lokasi seleksi yang terjangkau. Pilihan lokasi seleksi tersedia saat pendaftaran online. Sebagai catatan, pada pilihan kampus UNAIR Surabaya, santri diharuskan mengikuti seleksi hanya di kampus UNAIR Surabaya, transportasi dan akomodasi ditanggung santri peserta seleksi.

Keenam, persiapkan mengikuti seleksi. Santri diminta mempersiapkan diri untuk mengikuti tes seleksi. Sesuaikan jadwal belajar di pesantren dengan jadwal seleksi yang telah ditentukan.

Ketujuh, bila lulus, jangan mengundurkan diri. Apabila santri dinyatakan lulus saat pengumuman kelulusan, maka santri diharuskan mengikuti perkuliahan sesuai kalender akademik perguruan tinggi yang ditentukan. Santri tidak diperkenankan untuk mengundurkan diri baik sebelum perkuliahan atau saat di tengah masa perkuliahan. (kemenag.go.id).

Subscribe to receive free email updates: