Mudahkan Pantau Hilal, Kemenag Bangun Gedung Observasi Bulan di Kolaka

foto kemenag
BRNews - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meninjau pembangunan Pusat Edukasi Astronomi dan Observasi Bulan di Pantai Buhari Kec Tenggetada Kolaka Provinsi Sualwesi Tenggara.

Sejak sepuluh tahun terakhir, Kementerian Agama secara rutin melakukan pemantauan hilal, terutama pada moment penentuan awal bulan Ramadan, Syawal, dan Dhulhijjah di pantai ini.
Kadis Pekerjaan Umum Kab Kolaka Dwidarma membenarkan bahwa pemantauan hilal di Pantai Kolaka sudah dilakukan sejak 10 tahun lalu. Untuk memudahkan proses pemantauan, di lokasi ini akan dibangun pusat edukasi dan observasi.
"Kami  telah menghibahkan tanah seluas 50 x 50 meter. Berharap ada bantuan dari Kemenag agar ada bangunan permanen," harapnya saat menyampaikan laporan kepada Menag di Kolaka, Kamis (15/02).
Menag Lukman berterima kasih atas kesediaan Pemda Kolaka untuk memberikan hibah kepada Kemenag guna pembangunan pusat edukasi dan observasi bulan.
Menurut Menag, melihat hilal sangat penting dalam konteks kehidupan keagamaan di Indoensia. Sebab, setiap jelang awal puasa dan jelang lebaran, Kemenag senantiasa menggelar sidang itsbat (penetapan).
Kepada Kakanwil Kemenag Sulawesi Tenggara, Menag minta agar bisa memberikan perhatian terkait pembangunan pusat edukasi dan observasi bulan di Kolaka.
"Pak Kakanwil, mohon dilihat apakah ada dana setidaknya untuk bangunan permanen agar kita lebih nyaman saat akan melihat hilal," pesannya.
"Semoga hibah ini mendapat berkah dari Allah," harap Menag seperti dilansir kemenag.go.id.

Subscribe to receive free email updates: