MTs Negeri 7 Bantul Gelar Tes IQ Untuk Ukur Kemampuan Siswa

BRNews - Dengan bantuan ilmu psikologi  akan dapat memprediksi sebuah kondisi kejiwaan dan potensi yang dimiliki oleh peserta didik yakni dengan dilakukannya tes psikologi. Dari tes inilah akan dapat terukur tingkat kecerdasan, bakat, minat dan kepribadian, serta memberikan arahan kelanjutan studi.


Pengukuran beberapa aspek di atas merupakan usaha yang sangat penting untuk memaksimalkan prestasi belajar siswa, sehingga hasil yang diperoleh dapat dijadikan sebagai masukan dan data yang akurat bagi guru pembimbing untuk melakukan pembimbingan kepada siswa.

Kegiatan pengukuran kemampuan siswa ini dianggap penting oleh MTs Negeri 7 Bantul. Oleh karena itu pada Rabu (8/2) dilakukan tes Intelligence Quotient (IQ). Tes dilakukan kepada seluruh siswa kelas VII sampai dengan IX yang berjumlah 155 siswa. 

Kegiatan ini merupakan program kerja yang telah dirancang  oleh guru BK dengan dikomandoi oleh Koordinator Bimbingan dan Konseling, Rony Ismail, S.Pd. yang menjalin kerja sama dengan Lembaga Jasa Psikologi, Yayasan Bina Asih Yogyakarta.

Etyk Nurhayati, S.Pd.I.,M.Pd., selaku Kepala Madrasah MTs Negeri 7 Bantul menyambut baik dan mendukung kegiatan yang dianggap krusial bagi para siswa ini.  Karena dengan adanya pengukuran kemampuan maka akan diketahui sebuah metode atau strategi yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa yang berbeda-beda. 

Harapannya, kemampuan yang dimiliki oleh para siswa akan dapat digali lebih jauh dan dikembangkan secara optimal. 

“Saya sangat mendukung program yang rutin dilaksanakan setiap setahun sekali ini, sehingga guru pembimbing akan dapat melakukan pembimbingan yang lebih berkualitas sesuai dengan kebutuhan siswa,” respon Etyk ketika memberikan penguatan atas pembuatan rancangan pelaksanaan kegiatan yang diajukan sebelumnya. (kemenag diy|rin).

Subscribe to receive free email updates: