MAN Kota Blitar Gelar Sosialisasi SNMPTN dan SPAN-PTKIN

BRNews - MAN Kota Blitar menggelar acara ‘Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) Tahun 2018.

Kegiatan yang dilaksanakan di masjid madrasah tersebut diikuti oleh semua siswa Kelas XII Madrasah Aliyah yang beralamat di Jl. Jati itu. Terutama, bagi anak-anak yang berminat masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur SNMPTN dan SPAN-PTKIN.
Kegiatan yang dikoordinir oleh Guru BP/BK ini, kata Ratna Wulandari –Guru MAN pada Selasa (27/2), diselenggarakan oleh PTN yang menyediakan jalur SNMPTN dan SPAN PTKIN. SNMPTN jalur undangan untuk PTN jurusan umum, dan SPAN PTKIN untuk PTN jurusan keagamaan.
Selain itu, lanjut Ratna, pada saat yang bersamaan juga dilakukan kegiatan sosialisasi perangkingan parallel. Tujuannya pada saat siswa mengambil prodi di PTN tidak saling berbenturan karena mereka tidak bersaing dengan temannya. Satu kampus setiap jurusan hanya boleh dipilih oleh 5 siswa berdasarkan ranking tersebut.
Keduanya memakai sistem non tes berdasarkan nilai rapor semester 1-5, dirangking secara nasional. “Tetapi madrasah perlu mengakomodasi kepentingan mereka dengan membantu perangkingan di lingkup MAN Kota Blitar,” pungkasnya. (kemenag kota blitar).

Subscribe to receive free email updates: