Video Jamaah Sai Baca Pancasila dan Yalal Wathon Viral, Kemenag Diminta Bersikap

H. Khoirizi, S.Sos, MM
BRNews - Sebuah video yang berisi jamaah umrah yang tengah mengerjakan Thowah dan Sa'i diselengi dengan pembacaan pancasila dan mars "yalal wathon" karangan KH. Abdul Wahab Hasbullah. Video ini menjadi viral di media sosial lantaran tak lazim.
Para penguna medsos "gregetan" melihat tingkah jamaah umrah yang tengah mengerjakan Thawah dan Sai diselingi dengan pembacaan Pancasila dan mars Yalal Wathon.

Akun Saif Uddin, memberi komentar di youtube-nya dengan beristighfar. "Astagfiralloh aku baru dengar seperti ini, apa kah ini bertentangan dengan hadist Rasulullah pak Ust.  Setahu saya waktu Sa,i kita perbanyak zikir atau membaca al Qur'an. Apa bila kita naik ke bukit shafa kita membaca innassafa walmarwata minsa'a irillah dan seterusnya dan apa bila sudah sampai ke bukit shafa kita menghadap kiblat berdoa sesuai dlm buku panduan. Ini ko waktu Sa'i di baca Pancasila gimana pak Ustd."

 KH. Ahmad Nawawi, Pimpinan KBIH Al Musyarofah meminta kepada Kementarian Agama untuk melarang kelakuan orang Indonesia berumrah seperti ini. "Astaghfirullah.... makin kesini semakinn aneh kelakuan orang-orang kita ini. Bisa-bisa menyesatkan orang banyak," tulisnya melalui group WatsApp.

 Sementara itu Direktor Pembinaah Haji dan Umrah, H. Khoiriz, S.Sos, MM, menyebutkan bahwa apa yang dilakukan oleh jamaah umrah seperti yang tampak di video tersebut tidak lazim melaksanakan hal semacam itu apalag dalam melaksanakan Thawaf dan Sa'i.

"Kami sedang malakukan langkah-langkah strategis," tulisnya melalui WatsApp saat dihubungi BRNews, Ahad (25/2).

Pihaknya berharap pengurus KBIH dan PPIH dapat mendiskusikan hal ini apakah lazim atau tidak, karena Kelompok Bimbingan dan PPIU adalah bagian dari pemerintah.

"Ini tugas kita sebagai bagian dari pemerintah yang diberi kewenangan untuk mengedukasi jamaah agar tidak terbawa arus seperti ini," katanya lagi. (mnm).
Lihat videonya......


Subscribe to receive free email updates: