DPRD Sulawesi Utara Usulkan Sulut Miliki Embarkasi Haji

foto ditjen phu
BRNews - Sejumlah anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengusulkan agar Provinsi Sulut mempunyai embarkasi haji. Hal tersebut diungkakan Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sulut James Karinda saat melakukan kunjungan kerja di Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Jakarta. Kamis lalu (22/2).

“Kami membawa aspirasi dari masyarakat Sulut agar kuota haji dapat ditambah, selain itu kami mengusulkan juga Sulut agar mempunyai embarkasi haji sendiri,” kata James dikutip kemenag.go.id.
Saat ini, kata James jamaah haji asal Provinsi Sulut masih bergabung dengan embarkasi Makassar Sulawesi Selatan, untuk sampai disana masih membutuhkan waktu lagi, sehingga berdampak pula pada fisik jamaah haji.
Atas usulan tersebut Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Setditjen PHU) Kemenag  Muhajirin Yanis mengapresiasi usulan tersebut karena Manado sudah memenuhi syarat karena bandaranya sudah internasional.
“Tetapi tentu Ini masih membutuhkan kajian yang cukup panjang karena terkait infrastrukturnya,” jelas Muhajirin.
Di wilayah timur, kata Muhajirin, memang masih membutuhkan embarkasi karena rentang jarak itu terlalu jauh. Untuk wilayah timur itu embarkasi hanya satu yaitu di Sulawesi Selatan. Seandainya ada di Manado dapat mengakomodir Provinsi seperti Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua serta Papua Barat.(kemenag|mnm).


Subscribe to receive free email updates: