Ahda Barori; Proses Pembuatan Paspor Jamaah Haji Sudah Capai 60 Persen

Ahda Barori
BRNews - Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama terus melakukan persiapan penyelenggaraan haji 1439H/2018M. Selain di Arab Saudi, persiapan juga dilakukan di dalam negeri, salah satunya terkait pembuatan paspor calon haji.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ahda Barori mengatakan,  proses pembuatan paspor calon jamaah haji sudah berjalan.
“Sampai dengan hari ini, proses dokumen  pembuatan paspor di Kabupaten dan Kota sudah berjalan, bahkan secara akumulasi diperkirakan sudah mencapai 60%,” terang Ahda Barori di Jakarta, Senin (19/2).
Selain paspor, proses awal pengurusan visa juga sudah mulai dilakukan. Pada tahap awal, petugas Kementerian Agama tengah memproses scanning lembar setoran awal calon jemaah haji yang nomor porsinya termasuk rombongan yang akan diberangkatkan tahun ini.
“Hasil  scanning lembar setoran awal yang sudah kita terima sebanyak 160.080. Artinya sudah sekitar 57%,” tuturnya di kemenag.go.id.
Saat ini Kementerian Agama dengan Panitia Kerja (Panja) Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) masih terus membahas ongkos haji tahun ini. Ahda Barori memperkirakan proses pelunasan BPIH jemaah haji reguler akan mulai dilakukan pada akhir Maret 2018.
Berdasarkan Rencana Perjalanan Ibadah Haji 1439H/2018M, pemberangkatan jemaah haji Indonesia kloter pertama akan dimulai pada 17 Juli 2018 atau 4 Dzulqa'dah 2018.

Subscribe to receive free email updates: