Waspadai Umrah Murah Bisa Berbahaya



BRNews - Suatu hari seorang lelaki paroh baya menanyakan biaya paket perjalanan umrah ke Asbihu Tour & Travel. Setelah memperoleh penjelasan lelaki tersebut merasa puas dan lega. Cuma yang masih menjadi tanda tanya kok masih ada yang menjual paket umrah dengan harga 16 juta rupiah. “Terus terang saya tertarik dengan informasi itu,” tutur lelaki itu yang diketahui bernama Ahmad Dimyati.

Ia rupanya cukup hati-hati dalam mengumpulkan informasi. Ia pun melacak bagaimana kondisi jamaah di tanah suci yang membayar umrah dengan harga Rp. 16 jutaan. Sngkat cerita, ia pun mendaatkan jawaban. Jawaban tersebut datang dari saudara yang ikut umrah dengan biaya Rp. 16 jutaan. Mereka menasehati, jika ingin menunaikan umrah janngan ikut yang biaya dibawah standar di sana bisa “keleleran” alias tdak diopeni. Tidak ada bimbingan ibadah dan penginapannya pun seadanya. Maka Dimyati pun akhirnya memilih Asbihu Tour yang paketnya 1.800 dollar.  
Ini adalah sekelumit cerita untuk mengingatkan para calon jamaah umrah dalam memilih travel umrah dan biayanya. Karena banyak pemberitaan jamaah umrah yang tidak bisa berangkat ke tanah suci. Setelah ditelisik karena paket umrahnya dibawah standar.
Animo masyarakat muslim Indonesia menunaikan umrah memang luar biasa. Hal ini antra lain faktor semakin lamanya daftar tunggu haji. Ini yang membuat sebagian orang Islam memilih alternatif untuk melaksanakan umrah terlebih dahulu. Hal ini untuk melepaskan kerinduan pergi ke tanah suci Mekkah. Tentunya dengan semakin banyaknya pendaftar umrah maka akibatnya banyak pula bermunculan jasa travel umrah. Bak  jamur yang tumbuh di musim hujan. Kini ada 500-an perusahaan travel yang melayani jamaah pergi menunaikan umrah. Terlebih Indonesia merupakan negara penyumbang jamah umrah terbesar di dunia.
Tak jarang para penyedia jasa travel umrah abal-abal memanfaatkan peluang ini untuk berbuat curang. Beberapa memasang tarif setinggi-tingginya demi menaikkan profit perusahaan. Sebagian yang lain bahkan dengan sengaja menunda perjalanan calon peserta umrah dengan alasan yang kurang memenuhi kapasitas pesawat atau alasan lain  yang sebenarnya tidak masuk akal.
Disisi lain, ada juga beberapa travel umrah yang memberikan iming-iming biaya dibawah standar, tapi setelah pada pelaksanaannya, kualitas pelayanan dalam perjalanan jauh dari yang diharapkan oleh jama’ah. Dan mungkin Itu masih belum seberapa, bila dibandingkan dengan kerugian bagi calon jama’ah yang uangnya dibawa kabur oleh calo atau yang sering mengklaim orang marketingnya salah satu travel besar. Sungguh kejadian seperti ini pastinya tidak menyenangkan bagi siapa pun.
Biaya pergi Umrah yang sangat murah, hal ini seharusnya pantas menjadikan kecurigaan bagi setiap calon jama’ah, karena secara prosedural seluruh biaya operasional umrah satu travel dengan travel lainnya sebenarnya tidak akan memiliki margin yang jauh berbeda.
Ada tips bagi calon jamaah agar tidak tertipu oleh travel abal abal, misalnya jika merasa kurang yakin dengan penawaran yang diberikan oleh penyelenggara travel umrah, maka bisa mencari  testimoni dari kenalan yang pernah menggunakan jasa travel umrah yang sama. Bila tidak ada informasi dari pihak ketiga, sebaiknya anda memastikan travel penyelenggara paket umrah  memiliki kredibilitas yang dapat dipertanggungjawabkan seperti memiliki sertifikat kelayakan, izin dari Kementerian Agama, masuk anggota asosiasi penyelenggara haji dan umrah,  juga lainnya yang bisa memastikan perusahaan tersebut benar benar kredibel.
Tidak ada salahnya para calon jamaah bersikap hati-hati dan sedikit pemilih untuk mendapatkan travel umrah yang terbaik. Mengumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai paket travel umrah yang ditawarkan adalah mutlak diperlukan. Jangan ragu-ragu untuk menanyakan rincian anggaran dari seluruh harga yang ditawarkan. Mintalah penjelasan sedetail-detailnya dari mulai penggunaan pesawat, jadwal pemberangkatan, penginapan, akomodasi, passport, hingga urusan perijinan dan berbagai fasilitas pendukung lainnya. 

Bila biro jasa travel tersebut menginformasikan dengan baik seluruh kebutuhan yang disampaikan, maka kemudian pastikan pula legalitas perijinan perusahaan. Tak perlu khawatir atau merasa kurang enak hati dengan menanyakan secara detail, kebanyakan travel umrah yang berpengalaman tidak akan merasa risih, bahkan sebelum ditanya biasanya mereka akan memberikan penjelasan secara detail dan gamblang.
Ada hal yang harus diperhatikan bagi mereka yang secara kebetulan diiming imingi pergi umrah dengan biaya murah oleh marketing travel. Jikapun para marketing sudah meyakinkan bahwa detail biaya pergi umrahnya itu sudah masuk diakal, maka tanyakan juga bagaimana cara mereka menutup biaya-biaya yang lainnya. Sekadar informasi bahwa harga tiket pesawat itu adalah 75% dari komponen biaya keseluruhan (ini adalah pada harga umrah yang wajar) atau sekitar 1.150 USD saat ini rata-ratanya. Tanyakan dari mana sisanya itu di dapat.
Beberapa travel memang melakukan formulasi Subsidi silang. Maksudnya apa? Ya, Travel mentransfer kekurangan biaya-biaya pada paket umrah yang sangat murah dari biaya umrah yang standard. Namun ini harus ditanyakan kepada mereka, dan memang seharusnya begitu. Keberangkatan umrah kita itu harus dapat dipertanggung jawabkan baik secara finansial atau juga secara ibadahnya. Jadi, intinya kita harus tahu persis uang kita diapakan, dan kekurangan biayanya asalnya dari mana. Calon jamaah wajib tahu formulasi ini. Jadi tetap berwaspadalah bagi calon jamaah umrah, waspada dengan cara keingintahuan secara keseluruhan akan menjadi referensi bagi suksesnya beribadah umrah. Semoga. (mnm|Cepatnaikhaji.com)

Subscribe to receive free email updates: