Dalam Setahun 2 Juta Orang Nikah, 10 Persennya Cerai

BRNews - Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kepri (Kepulauan Riau) Marwin Jamal, saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Musyawarah Daerah Badan Penasehatan Pembinaan Pelestarian Perkawinan (BP4) Provinsi Kepri menyatakan, dalam data nasional jumlah nikah dalam setahun sebanyak 2 juta pasang.
"Di Kepri rata-rata 14.500, Batam paling banyak jumlah nikahnya. Sementara yang cerai 10 persen dari angka pernikahan. 60 persen dari itu cerai gugat, isteri menceraikan suami. Oleh kerena itu salah satu upaya mencarikan solusi  adalah meningkatkan penguatan fungsi BP4," kata Marwin di Aula Pertemuan Kanwil Kemenag Kepri, Jum'at (29/12/17).
BP4, katanya, mengambil peranan yang sangat diperlukan dalam menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan masalah keluarga, yaitu pasangan pranikah dalam keluarga. Rumah tangga yang harmonis harus disertai dengan keutuhan keluarga yang tenteram dan tidak saling bermusuhan.
"Peran keluarga yang paling prinsip adalah mengajarkan pendidikan agama kepada anak, bukan hanya dari segi ritual belaka, tetapi juga ditekankan pada penyadaran untuk membentuk moral dan etika," tambahnya seperti dilansir situs kepri.kemenag.go.id.
Marwin juga berpesan kepada peserta Musda, masalah organisasi, kegiatan dan program serta rekomendasi ke Gubernur harus jelas. Pilihlah orang yang betul-betul bisa dijadikan contoh dan bisa  mencontohkan keluarga. (kemenag kepri|mnm).

Subscribe to receive free email updates: