Persiapan Penyelenggaraan Haji 2018 Dimulai

BRNews - Persaiapan Penyelenggaraan Haji tahun2018 dimulai. Sejulah  pejabat tinggi Saudi Arabia menerima delegasi tingkat tinggi dari beberapa negara untuk diskusi guna menyelesaikan pengaturan. Menteri Haji dan Umrah Muhammad Saleh Benten bertemu di Jeddah pada hari Kamis (5/6) dengan menteri urusan agama dari Aljazair dan Tunisia.
Seperti dilansir ihram.co.id dari Saudigazette.com, beberapa hari lalu Benten mengadakan pembicaraan ekstensif dengan para menteri dan pejabat senior haji dari Indonesia, negara Muslim terpadat, serta Iran, Yordania, Sudan, Nigeria, Ghana, dan Turki. Berbagai aspek fasilitas dan layanan haji, termasuk transportasi dan akomodasi, dipikirkan dalam pembicaraan.
Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin memuji Kementerian Haji dan Umrah dan Benten yang semakin teknologis karena menerapkan e-gate dan fasilitas TI lanjutan lainnya yang ini kemudian membawa perbaikan dan transparansi yang dramatis terhadap keseluruhan proses pelayanan haji.
Indonesia, Pakistan dan India adalah negara-negara yang mengirimkan jamaah haji tertinggi ke Saudi. Jemaah haji dari ketiga negara ini merupakan hampir sepertiga dari jumlah total peziarah dari luar negeri.
Tahun lalu, dari 1,74 juta peziarah asing, lebih dari 570.000 peziarah datang dari negara-negara ini.
Sebanyak 221.000 orang Indonesia melakukan ibadah haji pada tahun 2017 dan ini adalah jumlah tertinggi peziarah yang datang  di Makkah.
Dalam pertemuan dengan Benten di kantornya di Jeddah, Menteri Agama Aljazair dan Wakaf Mohamed Aissa dan Menteri Agama Tunisia Ahmed Azoum memuji keteguhan dan usaha besar dari Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad Bin Salman, wakil perdana menteri dan menteri pertahanan, dalam menawarkan fasilitas dan layanan terbaik untuk para tamunya.
Mereka menggarisbawahi lompatan kualitatif di fasilitas dan layanan dengan diperkenalkannya teknologi maju yang membuat ziarah dan semua prosedurnya jauh lebih mudah dan tidak merepotkan. (ihram|mnm).

Subscribe to receive free email updates: