BPJPH dan Jakim Malaysia Bangun Kesepahaman tentang Sertifikasi Halal

BRNews - Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) menerima kunjungan Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM). Tujuh delegasi JAKIM yang dipimpin Sirajuddin bin Suhaimee ini diterima Kepala BPJPH Sukoso bersama jajarannya, Kamis lalu (25/1).


Menurut Sirajuddin, kunjungan JAKIM dalam rangka meningkatkan kerjasama Indonesia dan Malaysia di bidang produk halal. Delegasi Malaysia berharap dapat terbangun kesepahaman antara Indonesia dan Malaysia tentang pelaksanaan sertifikasi halal.
"JAKIM menyambut baik berdirinya BPJPH dan terus berupaya meningkatkan kerja sama demi kesejahteraan umat, baik bilateral maupun internasional," papar Sirajuddin.
Sirajuddin juga menyampaikan rencana kunjungan Menteri  Malaysia yang menangani produk halal ke Indonesia untuk bertemu Menteri Agama. Pertemuan kedua menteri rencananya akan membahas kerja sama dibidang jaminan produk halal.
Kepala BPJPH menyambut baik rencana  pertemuan antar menteri tersebut. "Kami dari BPJPH mengharapkan agar pertemuan antar Menteri akan meningkatkan kerja sama Indonesia dengan Malaysia," ujar Sukoso.
Kerja sama di bidang produk halal antara Malaysia dan Indonesia sudah terbangun sejak lama. Berbagai forum regional telah menjadi sarana kerjasama antara Indonesia dan Malaysia. Forum tersebut antara lain:  "Kerja sama Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT)" yang telah digagas sejak lama.
Selain itu, ada juga forum MABIMS  (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) yang merupakan terbentuk atas kesepakatan bangsa serumpun dalam menjaga kepentingan umat Islam. Ada juga dengan kerja sama  bilateral di bidang perdagangan lainnya. (humas bpjph|mnm).

Subscribe to receive free email updates: