MIN 4 Gunung Kidul Raih Predikat Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2017


foto kemenag diy

BRNews - Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Gunungkidul, menerima penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2017 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada acara Gebyar Generasi Muda Indonesai Bela Lingkungan (Gemilang) di Jakarta, Kamis (21/12).


MIN 4 Gunungkidul merupakan satu-satunya SD/MI di Gunungkidul yang ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional pada Tahun 2017.
Menurut Muh. Widodo, selaku Ketua Tim Adiwiyata Tingkat Madrasah,  perjalanan MIN 4 Gunungkidul melaksanakan program adiwiyata dimulai sejak tahun 2014. 
"Tahun 2015 kemudian ditetapkan sebagai sekolah adiwiyata tingkat kabupaten, dan kemudian pada tahun 2016 lolos sebagai sekolah adiwiyata tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta dengan mendapat nilai terbaik," ujarnya. 
Program adiwiyata di MIN 4 Gunungkidul, imbuh Widodo, mempunyai tujuan untuk mewujudkan warga madrasah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola madrasah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. 
"Hal tersebut ditempuh dengan melaksanakan 4 komponen sebagai satu kesatuan yang utuh yaitu Kebijakan Berwawasan Lingkungan, Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan, Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif, Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan," urainya.
Kepala Madrasah Ria Ali Wardana menjelaskan program kegiatan yang sudah berjalan sebagai wujud sekolah adiwiyata antara lain; mengintegrasikan kepedulian terhadap lingkungan pada mata pelajaran yang diajarkan di madrasah, melatih siswa untuk belajar menanam dan merawat tanaman, melatih siswa membuat pupuk dari bahan organik, mengurangi sampah plastik dengan slogan hartatik yakni hari-hari tanpa sampah plastik dengan cara mewajibkan siswa membawa wadah makan sendiri ketika jajan di kantin madrasah.
"Warga madrasah juga aktif dalam kegiatan penanaman pohon di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang tidak jauh dari lokasi madrasah, menebar benih ikan, serta mengikuti kegiatan bersih-bersih sampah di daerah wisata Gunungkidul," tandasnya.
Ia juga berharap semoga siswa MIN 4 Gunungkidul mampu memberikan kontribusi, dan menjadi aset dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup khususnya di Kabupaten Gunungkidul. (kemenag diy|tej|bap).

Subscribe to receive free email updates: