Menag Lukman Hakim Resmikan Alih Status STAIN Metro Lampung Menjadi IAIN

foto boy|kemenag
BRNews - Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Metro Lampung resmi beralih status menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro Lampung. Peresmian alih status dilakukan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kampus IAIN Metro Lampung yang ditandai dengan pemukulan bedug.

Menteri Agama Lukman Hakim  menaruh harapan besar kepada Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKAIN). Menurutnya, perguruan tinggi hendaknya tidak hanya menjadi tempat mobilitas vertikal santri yang ingin mendalami studi keislaman, tetapi juga menjadi pengawal utama Islam di Indonesia yang akan diwariskan kepada generasi mendatang.
“Tidak cukup upaya yang senantiasa menjaga hal-hal baik, tetapi juga terus berimprovisasi,” ungkap Menag Lukman di Metro Lampung, Selasa (19/12).
“PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) harus menjadi garda terdepan menjaga Islam yang rahmatan lil alamin, Islam wasthiah, Islam yang moderat,” lanjutnya di kemenag.go.id.
Tampak hadir dalam acara tersebut Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin, Plt Direktur Pendidikan Tinggi Islam Imam Safei, Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Mastuki, Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Afrizal Zen, Kakanwil Kemenag Lampung Suhaili, serta sejumlah pimpinan PTKIN, tokoh agama dan masyarakat, dan civitas akademika IAIN Metro Lampung.
Kehadiran Menag Lukman juga meresmikan gedung Fakultas Syariah IAIN Metro Lampung di kampus II.
IAIN Metro Lampung memiliki visi Menjadi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang Unggul dalam Sinergi Sosio-Eco-Preneurship Berlandaskan Nilai-Nilai Keislaman dan Keindonesiaan. Sampai tahun ajaran 2017-2018, tercatat ada 7.440 mahasiswa aktif yang tersebar pada 4 fakultas, yaitu: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Syari’ah, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.
Sementara itu, Rektor IAIN Metro Lampung Enizar,  mengucapkan rasa terima kasih kepada Menag Lukman atas kehadiran disela-sela waktu yang sangat padat. Berkat dukungan Menag Lukman besserta jajarannya. (kemenag|rusydi).

Subscribe to receive free email updates: