Kepuasan Layanan Haji Capai 85 Persen, Ini Penyebabnya


foto kemenag cirebon

BRNews - Badan Pusat Statistik (BPS) awal November lalu merilis, bahwa tingkat kepuasan jamaah haji tahun 2017 mencapai angka 84,85 persen. Angka ini sedikit lebih tinggi dibanding tahun 2016 sebesar 83,83 persen. Ini menandakan bahwa pelayanan pemerintah melalui Kementerian Agama  menunjukkan trend yang positif tiap tahunnya.
Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon Drs. H. Ahmad Sanukri, SH., MM, pada acara Sosialisasi Pembuatan Paspor  Calon Haji 2018 yang diselenggarakan oleh Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah di Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon (21/12)
“Tingkat kepuasan jamaah haji tidak akan mungkin diraih tanpa peran jamaah haji itu sendiri dalam mengikuti segala aturan yang ditetapkan,” ujarnya.
Sanukri mengatakan bahwa mematuhi aturan ketika berhaji amatlah penting mengingat orang-orang dari seluruh dunia berkumpul di tempat yang sama untuk tujuan yang sama.
“Dengan mematuhi aturan, hal-hal yang tidak diinginkan dapat dihindari, misalnya penumpukan jamaah saat lempar jumrah, dan seterusnya,” tegasnya.
Sementara Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, Jajang Badruzaman, M.Ag. mengatakan segala aturan dalam penyelenggaraan haji dibuat dengan mengutamakan kenyamanan, keamanan, dan kekhusu’an para jamaah haji dalam beribadah. Atas pertimbangan itu pula, sosialisasi ini diselenggarakan.
“Melalui sosialisasi, para calon haji tahun 2018 dapat mengetahui hal-hal apa saja yang mesti dipersiapkan sedari sekarang, di antaranya pembuatan paspor berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh pihak Imigrasi,” pungkasnya.(kemenag cirebon).
<

Subscribe to receive free email updates: