Kurangi Angka Perceraian, Kemenag Bonbol Gelar Bimbingan Catin

BRNews - Membangun sebuah keluarga yang sakinah mawaddah warahmah tidaklah segampang membalikan telapak tangan, butuh komitmen bersama, saling percaya, saling menerima kekurangan dan kelebihan pasangannya. Yang lebih utama adalah berlandaskan Iman dan Takwa pada Allah SWT yang pada akhirnya melahirkan keluarga yang berkualitas sesuai tuntunan Agama, agar jauh dari perceraian.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bone Bolango, Drs. H. Suleman Tongkonoo, M.HI, di hadapan 65 pasang calon pengantin peserta kegiatan Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin Angkatan IV Tingkat Kab. Bone Bolango tahun 2017. Bimbingan ini diselenggarakan oleh Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kantor Kementerian Agama Kab. Bone Bolango,  bertempat di Aula Kankemenag Kab. Bone Bolango, Senin, (6/11).
Suleman mengatakan ketika seorang pria atau wanita berkeinginan membangun rumah tangga, mereka harus benar-benar memahami bahwa pernikahan merupakan ibadah yang bisa menyempurnakan agamanya, jadi sebelum menuju itu semua Kementerian Agama memberikan bekal pengetahuan, pemahaman, dan bahkan keterampilan.
“Sehingganya nanti dapat mengurangi angka perselisihan, perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga,” pungkas Kakankemenag.
Sementara itu penanggung jawab kegiatan, H. Chaeruddin, S.Ag, M.Pd.I yang juga sebagai Kepala Seksi Bimas Islam Kankemenag Kab. Bone Bolango mengungkapkan, kegiatan yang telah berlangsung sebanyak empat kali ini dan telah diikuti oleh 190 pasang catin merupakan wujud nyata Kementerian Agama dalam mengurangi angka perceraian yang cenderung lebih tinggi dan kekerasan rumah tangga yang terus meningkat.
"Ini merupakan kesungguhan Kemenag untuk memastikan para calon suami dan istri mendapatkan bimbingan yang memadai, terlebih dari segi pengelolaan rumah tangga yang baik dan bagaimana membangun ketahanan keluarga yang jauh dari konflik sebagi bekal berumah tangga yang sakinah mawaddah warahmah," tutur Chaeruddin.
Pada saat yang sama juga, ketua panitia pelaksana, Khoirul Amin, S.Sos.I, kepada awak media menytakan, target calon pengantin yang akan  dibimbing sepanjang tahun 2017 berjumlah  270 pasang, yang sudah terealisasi 190 pasang. (kemenag|mnm).

Subscribe to receive free email updates: