Kota Depok Gelar MTQ ke 18

BRNews - MTQ Tingkat Kota Depok digelar pada  Kamis-Sabtu (16-18/11/2017) dengan menempatkan Kecamatan Sukmajaya sebagai tuan rumah gelaran MTQ ke-18 ini. MTQ ini dibuka oleh Walikota Depok, DR. KH. Muhammad Idris pada  Kamis (16/11/2017).
Hadir pada kesempatan ini  segenap jajaran Forkopinda, Kepala Kemenag Kota Depok, Muspika, Tokoh masyarakat dan tokoh agama, dan undangan lainnya. Kegiatan MTQ diawali dengan Pawai ta’ruf yang diikuti oleh 11 Kecamatan se-Kota Depok.
Sesaat sebelum kegiatan dibuka, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Depok, Drs. H. Ismatullah Syarif, M.Ag terlebih dahulu mengambil sumpah dan melantik para Dewan Hakim MTQ yang berjumlah 48 orang. 
Dalam sambutannya Ismatullah menyatakan, bahwa  kegiatan MTQ diharapkan mampu membumikan Al-Qur'an sehingga lebih dipahami dan di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu yang lebih utama adalah syiar dan dakwah. Bagaimana mengaplikasikan isi Al-Quran tersebut sebagai pegangan hidup kita yang hakiki dan sebagai kepribadian.
MTQ adalah agenda tahunan yang melekat dalam culture masyarakat dan bangsa, namun jangan dianggap bahwa itu hanya sebuah tradisi yang tanpa pesan dakwah.
“Harus memantapkan niat, bahwa penyelenggaraan MTQ adalah dalam rangka ibadah karena yang dimusabaqahkan adalah Firman Allah SWT,” ujar Ismatullah. 
Kurang tepat, tambahnya, apabila MTQ hanya dipahami sebagai kegiatan tahun, tanpa mampu memaknai lebih komprehensif akan nilai-nilai manfaat dan kemaslahatan yang menyertainya.
Menurut Roni selaku ketua panitia pelaksanaan MTQ ke-18 tingkat Kota Depok, ada 21 cabang yang dipertandingkan dengan memakai 6 lokasi sebagai mimbar/lokasi, yaitu di Masjid, Sekolah, Madrasah dan Aula Gedung Pertemuan kemudian kegiatan ditutup pada hari sabtu (18/11/2017) di Masjid Al-Istiqomah Kelurahan Mekar Jaya. (kemenag|mnm).

Subscribe to receive free email updates: