Dinas Pendidikan dan Kemenag Gelar Manasik Haji Jenjang SMP se-Kota Blitar

BRNews - Dinas Pendidikan bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kota Blitar menggelar acara ‘Simulasi Manasik Haji SMP se-Kota Blitar’ pada Rabu (22/11).Kegiatan yang dimulai sejak pukul 06.45 wib ini dimulai dari halaman Kantor Walikota kemudian dilanjutkan di Alun-Alun Kota Blitar.
Kegiatan manasik haji ini dibuka Walikota Blitar H. Moh. Samanhudi Anwar.
Dalam pembukaan kegiatan tersebut, Walikota Blitar menyampaikan  pentingnya pengenalan manasik haji bagi setiap muslim sejak dini.  Sebab, katanya, ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam. 
Manasik haji juga diperlukan guna memberikan pemahaman kepada setiap muslim tentang tujuan utama keberangkatan mereka ke tanah suci. 
“Manasik haji sangat bermanfaat bagi setiap muslim, karena setelah melaksanakan manasik haji mereka akan dapat memahami hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kemabruran ibadah haji,” kata Walikota Blitar.
Sementara itu Kasi PHU H. Muslih mengatakan,  karena ini manasik untuk anak, maka tidak semua hal tentang perhajian akan di praktekan dalam manasik haji anak. Hanya beberapa yang dikenalkan saja. 
“Tetapi harapanya akan memunculkan awal yang baik bagi anak agar termotifasi lebih dalam untuk dapat melakukan manasik haji secara keseluruhan dengan urutan yang benar dan ending-nya bisa melakukan ibadah haji yang sebenarnya,” tegasnya. (kemenag|mnm).

Subscribe to receive free email updates: