Santri TK/TPA Kec. Tanah Grogot Ikuti Munaqosyah Santri

foto: kemenag paser
BRNews - Badan Komunikasi Pemuda Remaja Mesjid Indonesia (BKPRMI) melalui Lembaga Pembinaan dan Pengembangan TK Al-Qur’an (LPPTKA) melaksanakan Munaqosyah Santri Tahun Pembelajaran 2017, di Masjid Baiturrahim Komplek Ponpes Bina Islam Jl. Noto Sunardi Tanah Grogot Ahad pekan lalu (15/10).

Sebanyak 116 santri yang berasal dari unit TK/TPA yang tersebar di Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser mengikuti kegiatan munaqosyah  ini terbagi menjadi dua tahapan, yakni Ujian Tes Tertulis meliputi materi: Tajwid, Hafalan Surah-surah pendek, Hafalan ayat-ayat pilihan, Hafalan do’a harian dan Tahsinul Kitabah kemudian di lanjutkan untuk tahap ke II yakni Tes secara Lisan meliputi : Praktek Baca Al-Qur’an dan Praktek Sholat.
Dalam sambutannya Ketua DPD BKPRMI Kab. Paser Drs. H. Nasradin menyampaikan bahwa peserta munaqosyah yg mengikuti ujian ini adalah santri yang sudah mengkhatamkan bacaannya sampai juz 30 yang di buktikan dengan buku prestasi santri atau catatan harian mengaji santri. 
“Santri yang belum khatam mengajinya sampai juz 30 belum bisa mengikuti ujian ini, karena khatamnya santri menjadi syarat utama untuk menjadi peserta ujian,“ kata Nasradin.
Munaqosyah santri ini merupakan program tahunan yang di laksanakan oleh LPPTKA – BKPRMI Paser dengan tujuan untuk menyeleksi santriwan dan santriwati  yang telah menyelesaikan pembelajarannya di TK/TP Al-Qur’an dan berhak mendapatkan ijazah Al-Qur’an selanjutnya layak untuk mengikuti Wisuda Akbar dan Khatmul Qur’an Santri TK/TP Al-Qur’an yang insya tahun ini akan di selenggarakan pada bulan November yang akan datang.
Direktur LPPTKA BKPRMI Kab. Paser Abdul Kadir Hady mengatakan pihaknya akan terus istiqomah untuk membina generasi-generasi Al-Qur’an di Kab. Paser melalui Munaqoysah. 
"Semoga dapat mencetak generasi yang Qur’ani menyongsong masa depan gemilang mampu menguasai baca tulis Al-Qur’an dengan baik dan benar serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari," katanya.
  Kegiatan Munaqosyah santri akan berlanjut di 9 kecamatan lain di Kab. Paser dan akan berakhir di kecamatan Tanjung Harapan pada akhir oktober 2017, jumlah santri yang terdaftar mengikuti Muanqosyah Santri dari seluruh Kecamatan yang ada di kab. Paser mencapai 750 Santri.(kemenag paser|mnm).

Subscribe to receive free email updates: