Ribuan Santri Ucapkan Ikrar di Ponpes Babakan Cirebon

BRNews - Memeringati Hari Santri 2017, Pondok Pesantren Babakan  Ciwaringin Cirebon menggelar apel akbar  dengan mengambil tema  “Wajah Pesantren Wajah Indonesia”, Ahad 22 Oktober 2017. Dalam apel akbar itu, diikuti oleh lebih dari sepuluh ribu santri.

Salah satu pengasuh pondok pesantren KH. Zamzami Amin mengatakan,  para  santri  patut bersyukur karena telah ditakdirkan Allah menjadi seorang santri tulen. Santri harus selalu siap berdiri pada garda terdepan dalam mempertahankan dan membela  bangsa Indonesia.
"Santri bisa dijadikan sebagai benteng NKRI dan Pancasila serta UUD 1945. Jika ada yang mencoba mengusik keutuhan NKRI, sebagai santri sejati pasti tergerak dan siap membela negeri tercinta,” ucap KH Zamzami.
Ketua pelaksana kegiatan, Affandi Mochtar menyampaikan, apel Hari Santri tahun 2017 ini merupakan wujud syukur dan terima kasih  warga pondok se-Cirebon atas ditetapkannya  tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri.
Berikut ini lima ikrar santri yang dibaca bersama pada apel akbar:
Kami Santri NKRI Berikrar:
1. Berpegang teguh pada akidah, ajaran, nilai, dan tradisi Islam Ahlussunnah wal Jama’ah
2. Bertanah air satu, Tanah Air Indonesia; beriideologi negara satu, ideologi Pancasila; berkonsitusi satu, Undang-Undang Dasar 1945; dan berkebudayaan satu, Bhinneka Tunggal Ika
3. Selalu bersedia dan siap siaga menyerahkan jiwa dan raga membela Tanah Air dan Bangsa Indonesia, mempertahankan persatuan dan kesatuan nasional, serta mewujudan perdamaian dunia
4. Ikut berperan aktif dalam pembangunan nasional mewujudkan kesejahteraan yang berkeadilan, lahir dan batin untuk seluruh rakyat Indonesia
5. Pantang menyerah, pantang putus asa, serta siap berdiri di depan melawan pihak-pihak yang merongrong Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika, yang didasari semangat Proklamasi Kemerdekaan dan Resolusi Jihad Nahdlatul Ulama.
(kemenag.go.id).

Subscribe to receive free email updates: