Amat Memprihatinkan Kondisi MI Al-Khairaat Balayo Pohuwato


BRNews - Kondisi bangunan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Khairaat Balayo Kecamatan Patilanggio Kabupaten Pohuwato Gorontalo kondisinya sungguh memprihatinkan. Betapa tidak, bangunan Madrasah ini hanya beratapkan seng bekas dan berdinding papan yang sudah bolong-bolong. Lantainya pun masih masih beralaskan tanah.

Hal ini diakui Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Pohuwato Drs. Syaiful Ali Sabu, M.Pd pasca kunjungan kerjanya di lokasi tersebut bersama jajarannya pada Selasa pekan lalu (10/10) . 
Kepala MI AlKhairaat Balayo Yusuf Mahmud, S.Pd.I mengungkapkan rasa terima kasih kepada Kasi Penmad baru itu, yang mengawali kunjungan perdanannya di MI Al-Khairaat. 
"Semoga kunjungan ini menjadi rahmat bagi kami untuk mengembangkan madrasah ini kedepan," kata Yusuf yang ikut diaminkan oleh semua guru MI Al-Khairaat Balayo.
Saat ini, Madrasah yang dibangun sejak tahun 2011 tersebut memiliki 63 siswa (kelas I-VI) dengan jumlah guru 11 orang. PNS 4 orang, dan 7 orang guru Non PNS. Awal pendiriannya, madrasah ini memiliki 3 ruang belajar yang permanen.
Namun dalam perjalanannya, animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di Madrasah ini sangat luar biasa sehingga Kepala Madrasah beserta semua Stakeholder membuat 2 gedung kelas yang beratapkan seng bekas yang diperuntukan bagi  siswa kelas V dan VI.
"Tujuan didirikannya madrasah ini adalah untuk mendekatkan pelayanan pendidikan Islam, meningkatkan angka partisipasi belajar, mengurangi angka putus sekolah dan menurunkan angka buta huruf arab bagi warga Balayo pada khususnya dan warga Patilanggio pada umumnya," tutur Yusuf. (gorontalo.kemenag.go.id|mnm).

Subscribe to receive free email updates: