Semarak Perwimanas II, Berbagai Kegiatan Digelar di Alam Bebas

foto nu online
BRNews - Perkemahan Wirakarya Pramuka Ma’arif NU Nasional (Perwimanas) II dimulai dengan berbagai aktivitas yang menyemarakkan suasana.Pada Selasa 19 September misalnya, peserta mengikuti outbond. Mereka bagitu ceria, melepas tawa dan canda.
Kegiatan ini diikuti ratusan peserta yang berasal dari berbagai daerah dan terbagi ke dalam beberapa kelompok. Pada outbond ini, peserta diharuskan melewati berbagai tantangan yang sudah disiapkan oleh panitia.

Merisya Endora, yang memandu para peserta menjelaskan berbagai tantangan yang harus dilalui para peserta.

“Jadi kegiatan outbond pagi ini ada lima pos ya. Tantangan yang harus dilewati para peserta Pertama ada merayap jembatan dengan satu tali. Lalu merayap jembatan dua tali, setelah itu harus menaksir tinggi pohon dan menaksir lebar sungai,” jelas Merisya yang merupakan anggota Dewan Kerja Cabang Pramuka Temanggung.

Tujuan yang bisa diambil dari outbond pagi ini, kata Merisya, para peserta dilatih untuk belajar kekompakan dan melatih mental setiap peserta.
“Mental mereka dilatih untuk bisa melewati setiap tantangan yang kita siapkan, selain itu biar antar peserta yang berasal dari berbagai daerah akrab dengan satu dan lainnya,” tambah Merisya.

Sementara itu, Rohmatul Fauzi peserta outbond dari SMK Ma’arif 2 Temon Yogyakarta megungkapkan kegembiraannya mengikuti kegiatan outbond di alam bebas.

"Senang karena bisa menambah wawasan dan pengalaman. Selain itu bisa mendapat pelajaran banyak. Harapan saya, mudahan-mudahan generasi muda lulusan Ma’arif  dan lainnya bisa meneruskan cita-cita pendiri bangsa ini,” tegas Rohmatul Fauzi.

Hal senada juga diungkapkan oleh Eka Melia Putri, Nur Hasanah dan Rani Suwardi peserta dari MA Muslimat NU Kalimantan.

“Banyak sekali pelajaran yang bisa kami dapatkan, seperti kekeluargaan, kebersamaan dan kekompakan dengan peserta dari daerah lain,” ujar Eka Melia Putri.

“Kami juga bisa belajar kebudayaan dari daerah lain. Jarang kami melihatnya langsung,” ungkap Rani Suwardi.
“Kami berharap bisa mengajarkan pelajaran yang kami dapatkan dari sini kepada teman-temann pramuka di sekolah kami di Kalimandan,” tegas Nur Hasanah.

Pada acara Perwimanas II kali ini, selain outbond para peserta diharuskan mengikuti berbagai kegiatan seperti giat wisata, giat bakti, dan giat wawasan. (nu online|mnm).

Subscribe to receive free email updates: