MAN 1 Yogyakarta Lakukan Kunjungan Di KOARMATIM Surabaya

BRNews - Sebanyak 227 siswa kelas XI MAN 1 Yogyakarta bersama 42 guru pendamping dan segenap panitia lakukan kunjungan di Komando Armada Kawasan Timur (Koarmatim)  dan Planetarium, Surabaya Jawa Timur, Kamis lalu (21/9). Rombongan tiba di tempat, disambut hangat oleh petugas setempat di atas Kapal Perang Ampibi.


Panas terik matahari di Dermaga Ujung Surabaya siang itu, tak menjadi penghalang semangat  para siswa  asal Yogyakarta itu.

Di dalam kapal tersebut rombongan Praktik Pengalaman Lapangan atau PPL Outdoor mendapatkan penjelasan tentang fungsi dan kegunaan kapal buatan Jerman tahun 1975 itu, Kemudian menuju Museum Fleet House, untuk menyaksikan pemutaran video sekilas profile TNI Angkatan Laut, beberapa koleksi senjata dan peralatan perang yang mengisi museum itu. Setelah itu para siswa diajak untuk mengunjungi monumen Jayamahe.

Masih di kawasan yang sama, rombongan juga mengunjungi Planetarium Museum TNI AL Loka Jala Crana. Di tempat ini, mereka mendapatkan penjelasan tentang ilmu perbintangan yang menjadi ilmu penting dan tidak terpisahkan dari taruna dan taruni TNI AL.

Menurut pemandu Planetarium Cu’adi mengatakan, penguasaan personil TNI AL dalam ilmu perbintangan sangatlah penting, terlebih dalam kondisi darurat ketika melakukan pelayaran. Misalnya saat segala peralatan seperti kompas tidak berfungsi.

Sementara itu, Personil TNI AL seksi Surya Baskara Jaya Serma Sugiyono menyambut baik kunjungan itu. Ia mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kunjungan ini. 

Menurutnya dengan mengunjungi Koarmatim, selain akan mendapatkan ilmu pengetahuan, menambah wawasan, juga akan menumbuhkan jiwa nasionalisme. "Apalagi negara kita, merupakan negara maritim,"ujarnya yang didampingi Seksi Bimbingan Desa Pesisir Serka Indrat T.

Sugiyono menambahkan, bagi para siswa yang ingin bergabung dalam TNI AL, hendaklah mempersiapkan diri, baik fisik dan mental, serta menghindari pergaulan bebas.(kemenag|mnm).

Subscribe to receive free email updates: